Diguyur Hujan, Jumlah Titik Karhutla di Sumsel Berkurang Drastis

Palembang, Sumselupdate.com – Jumlah hotspot di Sumsel berkurang drastis setelah sebagian wilayah diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Badan Penananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel mencatat, jumlah hotspot yang terdata pada Rabu (2/10) sebanyak 39 titik api yang muncul.

Bacaan Lainnya

Jumlah itu jauh menurun dibandingkan pada Selasa (1/10), di mana jumlah hotspot adalah sebanyak 610 titik api.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, hujan deras terjadi di beberapa wilayah titik api Kabupaten OKI yang merupakan tempat terbanyak munculnya hotspot.

Lokasi hujan tersebut terjadi di Desa Jeruju dengan itensitas hujan ringan, kemudian Cenggal Gerimis, Tempirai dengan kondisi hujan deras dan Pulu Beruang.

“Subuh ini, di Kecamatan Pedamaran OKI hujan deras. Hal itu membuat jumlah titik api menurun,” kata Ansori dikutip dari laman kompas.com, Rabu (3/10/2019).

Menurut Ansori, tim pemadaman darat maupun helikopter water bombing terus berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di wilayah Sumsel.

“OKI selalu kami pantau, karena lahan gambut paling banyak di sana dan jika terbakar akan sulit dipadamkan. Tim kami terus berusaha memadamkan titik api,” ujar dia.

Adapun 39 titik api yang muncul di Sumsel itu tersebar di Kabupaten OKI sebanyak 15 titik api, Banyuasin 6 titik api, OKU Selatan 4 titik api, Musi Rawas 4 titik api, Ogan Ilir 3 titik api, Ogan Komering Ulu Timur 2 titik api, OKU 1 titik api, Musi Rawas Utara 1 titik api, Musi Banyuasin 1 titik api, Muararnim 1 titik api dan Lahat 1 titik api.

Sementara itu, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Beny Setiaji mengatakan, potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang sesaat terjadi pada pukul 04.20 WIB.

Di wilayah OKI (Tulung Selapan, Cengal, Pedamaran, Pedamaran Timur, Mesuji Raya, Lempuing Jaya, Teluk Gelam, Kayuagung, Pangkalan Lampan, Pampangan, SP Padang) dan sekitarnya.

“Kondisi hujan ini dapat meluas ke sebagian wilayah OKU Timur, Ogan Ilir, Muara Enim, Palembang dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 06.30 WIB,” kata Bambang. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.