Densus 88 Bawa Sejumlah Buku dari Rumah Terduga Teroris di Palembang

Selasa, 14 Februari 2023
Rumah yang sempat ditempati IR, terduga teroris yang ditangkap di Desa Klaten, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (14/2/2023).

Laporan: Diaz Erlangga

Palembang, Sumselupdate.com – Lebih dari satu jam, personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri melakukan penggeledahan di rumah yang sempat ditempati terduga teroris berinisial IR yang ditangkap di Desa Klaten, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan.

Bacaan Lainnya

Dari hasil penggeledahan, Selasa (14/2/2023), Densus 88 Anti Teror membawa sejumlah barang bukti buku dari kediaman yang sempati ditinggali IR di Perumahan Tanjung Barangan Asri, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang.

Salah satu perwira Densus 88 yang memiliki pangkat balok emas di pundak menuturkan sejumlah buku yang diamankan itu berisikan ajaran yang disinyalir menyimpang.

Menurutnya, diamankannya IR merupakan pengembangan dari penangkapan rekannya yang diduga terlibat dari jaringan Jamaah Islamiyah.

Sementara itu, salah satu tetangga IR mengungkapkan  sudah lama rumah yang berada di Perumahan Tanjung Barang Asri itu, tidak ditempati oleh IR dan Istri.

“Sudah lama mereka pindah dua tahun lalu, kalau tidak salah waktu istrinya hamil muda mereka pulang ke tempat mertua,” ucapnya.

Dia mengaku tak mengetahui keterlibatan IR dengan jaringan Jamaah Islamiyah apalagi soal IR ditangkap Densus 88.

“Kalau setahu saya IR itu dulu guru ngaji penampilannya seperti biasanya orang dan juga punya usaha jualan susu kedelai,” terangnya.

IR dikenal oleh warga setempat merupakan orang yang rajin beribadah ke masjid, bahkan menyebut kalau tak ada perilaku mencurigakan yang terlihat selama tinggal di Perumahan Tanjung Barangan Asri tersebut.

“Kami saja kaget, ketika dapat kabar seperti itu,” jelasnya.

Menurutnya, rumah tersebut sudah lama tak dihuni oleh IR dan istri, tapi menurutnya rumah tersebut sesekali ditempati oleh adik ipar dari IR.

“Terkadang ada adik ipar IR yang menginap di sini, karena dia kuliah di Palembang,” imbuhnya.

Sementara dari pantauan hingga siang ini, selain Densus 88 anti teror Polri, terlihat ada personel TNI yang turut berjaga di lokasi. (**)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.