Demokrat PALI Buka Penjaringan Cabup dan Cawabup

Perwakilan dari calon petahana ketika mengambil formulir cabup di kantor DPC Partai Demokrat PALI.

PALI, Sumselupdate.com – Di penghujung bulan Januari 2020, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat kabupaten PALI membuka penjaringan calon bupati dan calon wakil bupati PALI.

Diketahui, partai berlambang mercy itu menjadi partai terakhir yang membuka penjaringan cabup dan cawabup kabupaten PALI untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020 mendatang.

Bacaan Lainnya

Sementara, pada hari Kamis (30/1/2020) perwakilan dari calon bupati petahana, H. Heri Amalindo mengambil formulir cabup ke kantor partai Demokrat dengan diwakili oleh timnya yang diketuai oleh Edi Suprianto, SH.

Ketua DPC Partai Demokrat, Devi Harianto, SH, MH, saat dikonfirmasi via telpon, Kamis (30/1/3/2020) menjelaskan bahwa pembukaan penjaringan baru dilakukan sekarang dikarenakan baru mendapat instruksi dari partai.

“Selain itu, pendaftaran pasangan cabup dan cawabup dari jalur parpol ke KPU baru akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang. Sehingga, tahapannya baru dimulai sekarang,” jelas pria yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD PALI itu.

Devi juga menjelaskan bahwa dari tanggal 27Januari s.d 3 Februari 2020 merupakan masa pengambilan formulir, sementara masa pengembalian berlangsung dari tanggal 4 s.d 10 Februari 2020.

“Itu semua sudah diatur dalam peraturan organisasi (PO), petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) partai Demokrat. Partai Demokrat terbuka untuk umum, artinya siapapun boleh mendaftar, karena nanti keputusan siapa yang akan diusung oleh partai Demokrat, ada di tangan DPP,” terangnya.

Ia juga mengatakan ketika persyaratan dipenuhi, kemudian disampaikan ke DPP melalui DPD Partai Demokrat provinsi Sumatera Selatan. Sementara, untuk kader partai, ada blangko khusus yang harus diisi.

“Memang partai Demokrat mengutamakan kader partai. Untuk itu, di persyaratan calon, ada blangko khusus yang diisi oleh kader. Tapi nantinya keputusan siapa yang diusung tetap di tangan DPP,” tambahnya.

“Kami tegaskan, partai Demokrat tidak menerima mahar, karena sesuai dengan ketentuan dan peraturan Pilkada,” pungkasnya.

Terkait dirinya yang juga merupakan bakal calon bupati PALI, Devi mengaku sangat siap untuk maju. Dan dirinya juga optimis bakal maju dari jalur parpol.

“Sementara dari jalur independen, belum ada terpikir oleh saya. Karena saya optimis akan diusung dan didukung oleh parpol. Mengingat tidak ada satupun parpol yang mencukupi untuk mengusung pasangan cabup dan cawabup, makanya kami tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol,” tutupnya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.