Dari Siswa Hingga Dosen di PALI, Terima Kuota Internet Selama Empat Bulan

Plt Kepala Dinas Pendidikan PALI Kamriadi.

PALI, Sumselupdate.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) menganggarkan dana sebesar Rp7,2 triliun untuk dibagikan dalam bentuk kuota internet.

Kuota internet gratis ini ditujukan bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Di mana, program itu bakal diberikan selama empat bulan, terhitung dari September sampai Desember 2020. Tujuannya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

Berdasarkan itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) saat ini sedang melakukan pendataan terkait pembagian kuota internet tersebut.

“Kami hanya melakukan pendataan. Mekanismenya bantuan kuota internet itu mutlak dari Pemerintah Pusat,” ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan PALI Kamriadi, Selasa (1/9/2020).

Kata dia, nomor handphone (HP) siswa, nantinya langsung diinput ke pusat, sehingga orangtua atau wali murid harus melapor ke pihak sekolah guna menyerahkan nomor handphone.

Sementara, Kepala SMAN 2 Unggulan Talang Ubi Irwansyah mengaku, data nomor handphone seluruh siswanya telah terkumpul dan saat ini masih melakukan input data.

“Mudah-mudahan tidak lama lagi selesai. Hanya saja terdapat kendala di lapangan karena ada siswa yang tidak memiliki handphone dan kendala jaringan,” kata Irwansyah.

Mensiasati kendala siswa tidak memiliki handphone, Irwansyah mengaku, pihaknya telah membentuk kelompok atau grup kelas atau belajar luring.

“Sebelum mewabahnya Virus Corona, kami sudah membentuk dua paguyuban, yakni paguyuban orangtua dan paguyuban siswa, tujuannya untuk koordinasi antara sekolah dan orangtua, serta mengetahui perkembangan siswa,” katanya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.