Dampak Kabut Asap, Walikota Palembang Instruksikan Siswa TK, PAUD, SD, dan SMP/MTs Libur Tiga Hari

Kabut asap pagi hingga menjelang siang masih menyelimuti Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Senin (14/10/2019).

Palembang, Sumselupdate.com – Menghindari akibat buruk dari kabut asap yang semakin parah terutama pagi hari, Walikota Palembang H Harnojoyo mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan seluruh siswa mulai TK, PAUD, SD, dan SMP/MTs baik negeri maupun swasta selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu (16/10/2019) nanti.

Instruksi libur sekolah ini tertuang dalam surat edaran Walikota Palembang tentang kegiatan proses belajar mengajar terkait kabut asap terhadap kesehatan di kalangan pelajar.

Bacaan Lainnya

Dalam surat edaran yang ditandatangani langsung Walikota Palembang Harnojoyo itu, termuat alasan kenapa siswa di Palembang diliburkan.

Alasan tersebut yakni dikarenakan kondisi udara yang sudah sangat berbahaya dan menunjukkan PM 10 (401.0 pg/m2) yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan siswa.

Dalam surat edaran yang ditujukan ke seluruh sekolah di Palembang ini, siswa diliburkan sejak Senin hingga Rabu (14-16/10/2019).

Namun, jika kondisi cuaca (udara) masih tidak kondusif maka akan diumumkan kembali.

Selain meliburkan para siswa, Pemerintah Kota Palembang pun mengubah jam kerja para tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di Kota Palembang.

Surat Edaran Walikota Palembang.

 

Jam kerja yang biasanya mulai pukul 07.00 diubah menjadi pukul 09.00 hingga pukul 15.00.

Selain itu, Walikota Palembang juga mengimbau apabila masih ada pekerja yang tidak bisa diselesaikan di sekolah agar dapat diselesaikan di rumah masing-masing.

Sebelumnya, pagi tadi, Dinas Pendidikan Nasional (Kadisdik) Kota Palembang kembali mengambil kebijakan meliburkan siswa TK, PAUD, SD, dan SMP.

Kebijakan memulangkan seluruh siswa hampir sampai dengan pada 23 September 2019 lalu. Namun bedanya kebijakan libur sekolah ini hanya diberlakukan untuk hari.

Untuk Selasa (15/10/2019) besok, pihak sekolah masih menunggu petunjuk dan surat edaran dari Disdik Kota Palembang selanjutnya.

Kebijakan libur sekolah ini berbeda pada tanggal 23 September lalu. Di mana seluruh siswa TK, PAUD, SD, dan SMP diliburkan selama tiga hari.

“Kami tidak tahu soal libur. Yang pasti pagi ini seluruh siswa disuruh pulang karena kabut asap,” kata seorang guru SD Negeri 21 Palembang kepada Sumselupdate.com.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadikdinas) Kota Palembang H Ahmad Zulinto saat dihubungi wartawan mengatakan, seluruh siswa terpaksa dipulangkan lantaran kabut asap sangat tebal.

Menurut Zulinto, kegiatan belajar mengajar ini akan dibicarakan dengan Walikota Palembang.

“Untuk hari ini seluruh siswa mulai TK, PAUD, SD, SMP dipulangkan karena sudah berbahaya (kabut asap-red). Untuk KBM (kegiatan belajar mengajar) kami akan rapat dengan Pak Walikota sampai kapan kebijakan libur ini diberlakukan,” kata Zulinto. (eno/edo)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.