Cegah Stunting, Babinsa dan UPTD Kesehatan SDT Lakukan Ini

Jumat, 8 September 2023
Rapat bersama monitoring Lokakarya Mini Lintas Sektor TW.3 UPTD Puskesmas Ruang Inap Pulau Panggung.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, sumselupdate.com – Dalam rangka mencegah stunting terhadap anak di wilayah Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Koramil 404-06 Semende, mengikuti rapat bersama monitoring Lokakarya Mini Lintas Sektor TW.3 UPTD Puskesmas Ruang Inap Pulau Panggung, Jum’at (8/9/2023) di Aula Puskesmas Pulau Panggung Kecamatan SDL kabupaten Muaraenim.

Komandan Koramil (Danramil) 404-06 Semende Kapten Inf Sugianto melalui Babinsa Sertu Edy Suprianto mengatakan, kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor TW.3 UPTD Puskesmas Pulau Panggung tahun 2023 tersebut merupakan dalam rangka sinergitas antara pemerintah dibidang kesehatan bersama Babinsa serta Bhabinkamtibmas berdasarkan peraturan Perpes nomor 72 tahun 2021 tentang PPS (Percepatan Penurunan Stunting).

“Adapun kegiatan ini di pusatkan di Aula Puskesmas Desa Pulau Pangunggung Kecamatan SDL yakni melakukan rapat bersama dalam rangka percepatan penurunan angka stunting bagi anak-anak di wilayah Kecamatan SDL. Dimana, apabila Stunting tidak di tangani secara cepat di antisipasi akan mengakibatkan dampak buruk baik jangka pendek maupun jangka panjang bagi anak-anak. Dari itu, dalam kegiatan ini kami berkomitmen trus berupaya melakukan yang terbaik dalam pencegahan Stunting,” ungkapnya.

Advertisements

Kemudian, Sertu Ady Suprianto menjelaskan dampak stunting jangka pendek bagi anak- anak bisa mengakibtakan terganggunya perkembangan otak, kecerdasan berkurang, gangguan pertumbuhan fisik, dimana dampak jangka panjang Stunting juga dapat menurunnya kekebalan tubuh hingga mudah terpapar penyakit. Maka dari itu mereka memberikan himbauan ke masyarakat terkait stunting ini.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk pro aktif melakukan sosialisasi Atm, pelatihan kader jintik nyamuk mengindari tergenangnya air, pengadaan kelambu, pemberian atau penyuplai makanan yang cukup serta pembuatan posko ATM,” pungkasnya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.