Cegah Karhutlah, Pemerintah Sumsel Akan Gelar Apel Siaga

Palembang, Sumselupdate.com – Meski saat ini curah hujan di wilayah Sumsel masih tergolong tinggi, namun upaya pencegahan dini bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) segera akan dimulai dalam waktu dekat.
Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi persiapan apel siaga personel dan peralatan penanggulangan karhutla Provinsi Sumsel.
“Rapat yang dimaksud untuk memastikan kesiapan pihak-pihak terkait dalam rangka mencegah karhutlah 2017,” katanya, Selasa (14/2/2017).
Ia menjelaskan, rapat yang dilaksanakan saat itu juga dihadiri oleh pejabat yang kemungkinan akan terlibat langsung dengan penanggulangan karhutla Sumsel, rapat juga sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Gubernur Sumsel Nomor 85/KPTS 31 Januari 2017 tentang penetapan status siaga darurat bencana kabut asap akibat karhutla.
“Kita juga menindaklanjuti rencana serta permintaan peserta apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.
Lebih lanjut Danrem juga menyatakan pembentukan Satgas penanggulangan Karhutla bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel dan sekaligus untuk mensukseskan pelaksanaan Asean Games 2018.
“Kita harapkan mulai tahun 2017 ini di wilayah Sumsel tidak ada asap yang dapat mengganggu maupun menggagalkan pelaksanaan Asean Games 2018,” tuturnya.
“Seluruh instansi terkait harus saling mendukung sehingga penanggulangan Karhutla dapat terlaksana dengan maksimal,” harapnya.
Sementara itu, Plt Kepala BPBD Sumsel  Irwansyah menyatakan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan Karhutla akan dilaksanakan pada 18 Februari 2017 di halaman Griya Agung Sumsel Palembang.
Dalam pelaksanaan Apel nanti juga akan dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala BNPB Pusat dan Menkopolhukam ini melibatkan 1.350 personel dan perlengkapan dari seluruh sektor terkait penanggulangan karhutla. (adi)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.