Bupati Minta Kemenkumham Bangun Lapas di PALI

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H Heri Amalindo, bersama kuasa hukum Pemerintah Daerah (Pemda) PALI Firdaus Hasbullah, serta ketua DPRD PALI Asri AG dan Wakil Ketua II M Budi Hoiru berkunjung ke kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) atau Kemenkumham Sumsel, Selasa (6/6/2021).

PALI, Sumselupdate.com Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H Heri Amalindo, menginginkan adanya Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dibangun di Kabupaten PALI.

Dirinya bersama badan terkait dan kuasa hukum Pemerintah Daerah (Pemda) PALI Firdaus Hasbullah, serta ketua DPRD PALI Asri AG dan Wakil Ketua II M Budi Hoiru berkunjung ke kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) atau Kemenkumham Sumsel, Selasa (6/6/2021)

Read More

Mengingat masih bergabungnya narapidana asal PALI di Lapas Muaraenim, bahkan jumlahnya lebih dari setengah penghuni tersebut berasal dari PALI. Sehingga saat ini, membuat Pemerintah Kabupaten PALI bergerak cepat untuk segera mendirikan Lapas sendiri.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten PALI ini, disambut langsung, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Indro Purwoko di ruang kerjanya bilangan KM 3,5 Jalan Jendral Sudirman, 20 Ilir D IV, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam rangka membahas agar didirikan Lapas di Kabupaten PALI, yang sejauh ini memang belum ada.

Heri Amalindo mengatakan, pihaknya berharap agar segera mungkin untuk didirikan Lapas di Kabupaten PALI, mengingat jumlah warga binaan di Lapas II B Muaraenim yang berasal asal dari Kabupaten PALI, lebih dari 600 orang dari jumlah keseluruhan warga binaan yang ada sekitar 1.200 orang.

“Jadi PALI sangat layak untuk dibangun Lapas. Semua syarat akan kita lengkapi. Termasuk lahan yang telah kita bebaskan seluas lima hektar. Namun, apabila itu masih kurang, maka kita akan lakukan pembebasan lagi untuk mencukupinya, sesuai dengan kebutuhan Kemenkumham,” ungkapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Indro Purwoko, mengatakan, pertemuan ini untuk pembangunan Lapas di Kabupaten PALI, serta bekerjasama untuk melakukan penyuluhan masalah hukum terhadap masyarakat Kabupaten PALI.

“Pak bupati telah menyiapkan lahan dalam rangka pembangunan Lapas atau kantor lain yang berkaitan dengan Kemenkumham. Untuk penyuluhan sendiri, info yang kita dapat memang tingkat kriminalitas di PALI cukup tinggi,” ujarnya, Selasa (6/6/2021) sesaat setelah melakukan pertemuan dengan Bupati PALI dan rombongan.

Dikatakannya, saat ini pihaknya tengah mengalami keterbatasan anggaran, dimana dalam satu tahun hanya ada dua kali.

“Kami punya tenaga penyuluh, namun kami cuma menyiapkan anggaran perjalanan saja. Dan saya menyarankan penyuluhan juga melibatkan instansi lain seperti Polri, Kejaksaan, dan TNI,” pintanya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.