Bobol Rumah Kosong, Apriyanto Didor Aparat

Pelaku Apriyanto saat digiring ke Mapolsek Talang Ubi

PALI, sumselupdate.com – Apriyanto (31) satu dari dua spesialis bobol rumah kosong yang sering beraksi di Talang Ubi, terpaksa harus merasakan timah panas di kaki kanannya dari pihak berwajib dikarenakan pada saat penangkapan, pria yang tercatat sebagai warga Desa Simpang Tais, Kecamatan Talang Ubi, hendak kabur saat diamankan jajaran polsek Talang Ubi, Rabu (20/7) sekitar pukul 11.30 WIB.

Bapak dua anak itu diamankan anggota Reskrim Polsek Talang Ubi, saat berjalan kaki hendak mandi. Diamankannya tersangka setelah polisi menindaklanjuti laporan korban. Korban atas nama Fahrul Rizal (42) warga Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi. Laporan tertuang dalam LP/B-201/VII/Sumsel/Res ME/sek tlg Ubu, tanggal 15 Juli 2016.

Bacaan Lainnya

Dalam aksinya, Apriyanto bersama rekanya RC (DPO). Kejadian bermula pada jumat (15/7/2016) lalu, sekitar pukul 12.15 WIB, dengan mengendarai sepeda motor honda jenis metik, Apriyanto dan RC membobol rumah korban, saat itu rumah dalam keadaan kosong di tinggal shalat Jumat.

Kedua pelaku masuk rumah korban dengan cara merusak pintu depan rumah korban dengan cara mencongkel menggunakan balok kayu. Setelah berhasil masuk, pelaku berhasil mengambil satu unit sepeda motor, satu buah helm dan mesin pompa air merek Shimizu.

Ditemui kemarin di Polsek, Apriyanto mengakui telah melakukan pencurian di rumah korban saat korban shlata Jumat. “Korban pegi solat, kami masuk ke rumahnyo dari pintu depan dengan cara di congkel dengan kayu,” kata Apriyanto.
Diterangkanya bahwa dirinya hanya diajak oleh RC, RC menjemputnya dan mengajaknya pergi. Saat dalam perjalanan RC menawarkan mencuri rumah korban.

“Aku cuma diajak pak, uji dio nak lokak dak kito masuk rumah itu (rumah Fahrul, red). masuk rumah aku ambek mesin air yang ado dalam rumah dekat sumur,” aku Apriyanto yang mengaku baru satu kali mencuri.

Diungkapkan Apriyanto, dirinya hanya mengambil mesin, sementara RC mengambil helm warna merah, terkait sepeda motor milik korban hilang ai mengaku tidak mencuri motor. “Idak nian pak, aku dak tau sapo yang ambek motor,” kilah petani ini.

Kapolres Muara Enim, AKBP Hendra Gunawan, SIk melalui Kapolsek Talang Ubi, Kompol Janton Silaban didampingi Kanit Reskrim Ipda Rusli, SH mengatakan dari tangan tersangka pihaknya mengamankan satu unit barang bukti mesin air. Dari informasi yang didapat, pelaku merupakan pelaku pembobolan SMK beberapa waktu lalu.

“Barang bukti dari tangan tersangka satu unit mesin pompa air, pelaku merupakan spesialis rumah kosong,” ujar Janton.

Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

“Saat ini pelaku sudah di tahan, guna melakukan pengembangan terhadap pelaku lain,” tandasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.