Bingung Cari Menu Sahur? Coba Intip Resep Praktis Santapan dalam Drama Korea di Viu

Dumpling

Jakarta, Sumselupdate.com – Mau makan apa untuk sahur hari ini? Mau yang enak tapi praktis? Saat puasa memasuki 10 hari ketiga, Anda mungkin memerlukan variasi santapan sahur yang spesial.

Tak perlu jauh mencari ide, karena Anda bisa mendapatkan inspirasi kulinernya dari drama Korea favorit Anda yang ada di Viu.

Bacaan Lainnya

Makanan-makanan ini tak hanya enak, tapi juga bisa membantu Anda melengkapi asupan energi yang Anda perlukan dari sahur, dan dengan komposisi nutrisi seimbang. Selain itu, memasaknya pun tak terlalu sulit, atau bisa Anda siapkan sebelumnya.

Cek saja contekan makanan dalam drama Korea di Viu untuk sahur praktis Anda. Ada bonus jika sahur Anda ditemani pasangan yang juga mengenal cerita dan karakter utama dari drama Korea tersebut. Pasti acara santap sahur jadi makin seru!

1. Salad

Salad? Yap! Sayuran penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan serat Anda selama berpuasa. Selain itu, sayuran memiliki fullness factor tinggi alias cepat mengenyangkan.

Lihat saja Joo-eun (Shin Min-a) dalam Oh My Venus yang rajin makan salad sesuai anjuran coach Young-ho (So Ji-sub) agar tubuhnya sehat dan berat badannya turun, tapi tidak lemas dan kelaparan meski sibuk beraktivitas.

Salad yang ia makan berisi berbagai sayuran termasuk kentang dan apel. Anda bisa menambahkan nasi merah untuk asupan karbohidrat yang kaya serat. Bayangkan saja yang menyiapkan makanan sahur Anda seganteng So Ji-sub.

2. Bubur Ayam

Bubur bagi Bong-sun (Park Bo-young) dalam “Oh My Ghost” menjadi comfort food yang bisa membangkitkan mood. Masakan ini juga termasuk berperan penting dalam hubungannya dengan Chef Sun-woo (Jo Jung-suk).

Anda bisa mencoba bubur ayam jahe dalam drama Korea “Oh My Ghost” dengan memasak bubur dari sisa nasi yang diberi kuah kaldu. Masukkan irisan ayam, irisan jahe, irisan daun selada, dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga matang.

Bubur ayam cocok untuk sahur karena mudah mengenyangkan, dan—terutama buat yang masih mengantuk—tak perlu kerja keras untuk dikunyah. Bubur ayam ala Bong-sun mengandung jahe yang baik untuk pencernaan sekaligus memberikan efek menghangatkan perut.

Tambahkan kondimen seperti kerupuk dan taburan daun bawang. Tapi disajikan polos pun, bubur ayam jahe ini sudah enak!

3. Dumpling

Dumpling atau bakpao cepat mengenyangkan karena isi yang beragam—dari sayuran sampai bermacam protein hewani. Contohnya bakpao berisi udang rebus yang dibuat oleh Chef Seo Poong (Lee Jun-ho) dalam “Wok of Love.”

Dalam “Wok of Love,” bakpao yang dibuat Seo Poong berkulit tipis, nyaris transparan, sehingga saat disantap, kita langsung mencicipi cita rasa isi dari bakpao, tanpa harus bersaing rasa dengan kulitnya. Menurut Seo Poong, ketebalan kulit bakpao menunjukkan keterampilan pembuatnya, tuh!

Makanan ini tepat untuk mengisi kebutuhan energi Anda agar tidak cepat lapar ketika berpuasa. Siapkan bakpao sebelum tidur malam, dan saat bangun sahur bakpao tinggal dikukus agar bisa disantap selagi hangat. Nom nom!

4. Kimbap

Oke, Anda tak bisa sahur kalau tanpa nasi? Kenapa tidak mencoba kimbap, nasi yang digulung dalam lembaran rumput laut kering?

Anda bisa mengisi gulungan nasi itu dengan beragam lauk, antara lain suwiran ayam dengan potongan timun dan tomat, atau telur dadar. Rumput laut kering itu sendiri sudah memberikan rasa umami, sehingga Anda tak perlu menambahkan banyak bumbu.

Anda bisa menyiapkan kimbap ala Ha Baek si Dewa Air (Nam Joo-hyuk) dan So-a (Shin Se-kyung) dalam “The Bride of Habaek” beberapa jam sebelum sahur. Menyiapkan kimbap bersama pasangan ternyata bisa jadi aktivitas seru juga, apalagi kalau pasangan Anda sekeren Nam Joo-hyuk, ya….

5. Olahan Telur

Telur tak hanya kaya protein tapi juga nutrisi lainnya, seperti vitamin A dan zat besi, dan bisa diolah menjadi beragam hidangan praktis, termasuk untuk sahur.

Gyeran-mari atau rolled omelette (telur dadar gulung) ala Korea adalah pilihan tepat untuk sahur praktis Anda.

Cara membuatnya simpel saja: Kocok telur (dua butir biar cadangan energi Anda banyak) bersama potongan daging asap jika mau, wortel, daun bawang dan bawang bombai, beri lada dan garam secukupnya, tambahkan sedikit susu, lalu goreng dengan minyak canola atau mentega. Anda bisa menyantapnya dengan nasi, atau hanya dengan tambahan taburan nori.

Gyeran-mari jadi menu favorit Jan-di (Koo Hye-seon) waktu piknik bersama Jun-pyo (Lee Min-ho) dalam Boys Over Flowers serta menu yang disukai Kim Tan (Lee Min-ho) ketika menikmati masakan rumahan di tempat Eun-sang (Park Shin-hye) dalam The Heirs. Dan kini The Heirs sudah tersedia versi dubbing dalam Bahasa Indonesia di Viu, lho. Nonton lagi, deh. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.