Berubah Jadi Perumda, PD Pasar Janjikan Capai PAD

Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya Abdul Rizal

Palembang, Sumselupdate.com-PD Pasar Palembang Jaya kini berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Pihak manajemen berjanji target Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan tercapai, di mana sejauh ini selalu dinilai sulit terelisasi.

Perusahaan Daerah Palembang Jaya telah sah berganti status hukumnya menjadi Perumda, setelah DPRD Kota Palembang menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan, Pengelolaan dan Perubahan Status Hukum PD Pasar.

Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya Abdul Rizal mengatakan, setelah berganti status hukumnya kini Perumda pasar dapat melebarkan dan mengembangkan bisnisnya.

“Ketika masih bernama PD Pasar kami hanya diberi keleluasaan mengatur pedagang, mengurus los lapak, los parkir, dan toilet. Sehingga pemasukkan tidak bisa lebih dari petak los yang ada. Nah sekarang, kami diberi keleluasaan untuk mengembangkan bisnis selain mengurus pedagang,” katanya.

Dengan perubahan ini bisa lebih leluasa mengembangkan usaha. Di antaranya adalah untuk membangun unit-unit usaha di pasar milik Perumda Pasar Palembang Jaya.

“Pengembangan bisnis bisa dilakukan dengan membuat anak perusahaan yang berhubungan dengan pasar dan bisnis atau kerja sama dengan BUMN dan BUMD lainnya. Tak hanya itu, kami bisa ikut dalam penyertaan modal di perusahaan milik swasta murni di luar Perumda,” tambah dia.

Kemudian pihaknya juga berpeluang memiliki andil dalam mengatur serta menyelaraskan harga sembako di pasar. Dengan membuat gudang penyimpanan. Serta berencana akan merevitalisasi sejumlah pasar menjadi pasar modern seperti yang berlokasi di Plaju.

“Jika kas kami nanti ada lebih keinginan kami seperti itu. Jadi hampir seperti gudang Bulog. Karena selama ini bahan-bahan itu dibeli pedagang oleh pengepul dan pengepul menentukan harga seenaknya, itu yang menjadi penyebab harga kadang naik kadang turun,” paparnya.

Dengan berubahnya status hukum PD Pasar Palembang Jaya menjadi Perumda, ia optimis PD Pasar dapat menyumbangkan PAD sesuai target pada tahun 2021.

“Target kami sebanyak-banyaknya menyumbang PAD mulai tahun depan,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.