Bermain Imbang, Swiss dan Jerman Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2024

Penulis: - Senin, 24 Juni 2024
Striker Jerman Niclas Fuellkrug (ketiga kiri) saat menjebol gawang Swiss dan menyematkan timnya dari kekalahan dalam partai terakhir penyisihan Euro 2024 grup A di Waldstadion, Frankfurt, Minggu, 23 Juni 2024. (AP/AP)

Jakarta, Sumselupdate.com – Swiss menyertai Jerman ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menahan imbang tuan rumah itu  1-1 dalam laga terakhir penyisihan grup A di Waldstadion, Frankfurt, Senin (24/6/2024).

Dalam pertandingan lainnya di grup ini, Hungaria sukses meraih kemenangan pertama mereka di kejuaraan antarnegara Eropa ini setelah menundukkan Skotlandia 1-0. Satu-satunya gol Hungaria dicetak Kevin Csobot di pengujung laga.

Bacaan Lainnya

Hasil seri melawan Jerman ini membawa Swiss mengakhiri babak penyisihan grup sebagai runner-up dengan koleksi 4 poin. Jerman menjadi juara grup dengan raihan 7 poin.

Hungaria bertengger di posisi ketiga dengan raihan 3 poin. Sementara Skotlandia menjadi juru kunci karena hanya mendapat 1 poin.

Hungaria harus menunggu hasil di pertandingan lainnya dan berharap bisa menjadi satu dari empat penghuni urutan ketiga terbaik grup dan melaju ke 16 besar.

Pemain pengganti Niclas Fuellkrug menyelamatkan Jerman dari kekalahan di Piala Eropa 2024 dengan mencetak gol penyeimbang, sehingga pertandingan melawan Swiss berakhir seri.

Dengan hasil ini, Swiss akan menghadapi lawan yang lebih sulit di babak 16 besar, kemungkinan melawan juara bertahan Italia atau finalis Piala Dunia 2018, Kroasia. Sementara itu, Jerman akan bertemu dengan tim peringkat kedua grup C, yang saat ini ditempati oleh Denmark.

Sebagai tuan rumah turnamen, Jerman memasuki pertandingan ini dengan optimisme tinggi untuk mengakhiri satu dekade kekecewaan di turnamen besar. Mereka sebelumnya dua kali tersingkir di fase grup Piala Dunia dan terhenti di babak 16 besar Piala Eropa terakhir.

Dipimpin oleh gelandang berpengalaman seperti Ilkay Gundogan dan Toni Kroos, Jerman memenangkan pertandingan melawan Skotlandia dan Hungaria di dua laga awal Euro 2024. Namun, Jerman kesulitan menghadapi Swiss yang bermain penuh energi, sehingga gagal menciptakan peluang bersih.

Di awal pertandingan, Jerman tampil baik dan menciptakan beberapa peluang dengan mengandalkan umpan-umpan panjang untuk mengatasi tekanan lini tengah Swiss.

Robert Andrich nyaris membawa Jerman unggul pada menit ke-16 ketika tendangan jarak jauhnya gagal diantisipasi oleh Yann Sommer. Namun, gol tersebut dianulir karena VAR menemukan adanya pelanggaran oleh Jamal Musiala dalam proses gol.

Justru Swiss yang berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-28, memanfaatkan kesalahan Musiala dan Joshua Kimmich.

Musiala kehilangan bola di area pertahanan sendiri, memberi kesempatan bagi Swiss untuk melakukan serangan balik. Kimmich sempat menguasai bola tetapi kemudian kehilangan kendali, sehingga Remo Freuler bisa memberikan umpan kepada Dan Ndoye yang sukses mencetak gol untuk Swiss.

Ini adalah kali pertama Jerman tertinggal di Piala Eropa 2024, dan gol tersebut memacu semangat pasukan Manuel Neuer dan kawan-kawan yang semakin agresif menyerang sepanjang sisa babak pertama.

Jerman terus menyerang setelah jeda, dengan pelatih Julian Nagelsmann melakukan sejumlah pergantian pemain. Namun, mereka hanya mampu menciptakan beberapa peluang bersih melawan Swiss yang disiplin dalam bertahan.

Bek Manchester City, Manuel Akanji, melakukan blok penting untuk mencegah Kimmich mencetak gol dari jarak dekat saat pertandingan menyisakan 20 menit.

Nagelsmann memasukkan Fuellkrug untuk menggantikan Musiala pada menit ke-76, dan pemain Borussia Dortmund itu menjadi pahlawan pada menit ke-92 dengan menanduk umpan silang dari David Raum menjadi gol, sekaligus memastikan Jerman memuncaki klasemen akhir grup A. (**)

Susunan Pemain:

Swiss: Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Michel Aebischer, Dan Ndoye, Breel Embolo, Fabian Rieder
Pelatih: Murat Yakin

Jerman: Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Marvin Plattenhardt, Robert Andrich, Toni Kroos, Jamal Musiala, Ilkay Gundogan, Florian Wirtz, Kai Havertz
Pelatih: Julian Nagelsmann

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.