Banyak Atlet, Official, dan Panitia PON Papua Positif Covid-19

Partai Eksibisi Catur PON XX antara Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka

Papua, Sumselupdate.com – Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dokter Silwanus Sumule mengungkapkan, 29 orang dinyatakan positif Covid-19, satu orang di antaranya sudah sembuh. Mereka terdiri dari atlet, official, dan panitia PON Papua.

Kasus tersebar pada 4 lokasi penyelenggaraan PON XX Papua yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

Read More

“Saat ini tersisa 28 orang yang masih diisolasi. Hampir sebagian besar atlet, official dan panitia penyelenggara PON XX Papua yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan,” kata Silwanus, saat keterangan pers virtual pada Selasa 5 Oktober 2021.

Mengutip Suara.com jaringan nasional sumselupdate.com, Silwanus mengatakan dari 29 kasus yang ditemukan, secara keseluruhan sudah menjalani vaksin dua kali. Kasus ini ditemukan pada kontingen yang berasal dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan NTT.

Data Satgas Covid-19 Papua menyebutkan, 29 kasus yang ditemukan tersebar di Mimika sebanyak 13 kasus, Kota Jayapura 6 kasus, Merauke 3 kasus dan Kabupaten Jayapura 7 kasus.

Catur

Sebanyak dua official cabang olahraga catur Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Klaster Merauke positif Covid-19. Keduanya terkonfirmasi positif sehari menjelang pembukaan PON XX, Sabtu 1 Oktober 2021.

Staf Bidang Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Titik Kartiningsih mengungkapkan, kedua official mengalami demam setelah 3 hari berada di Kabupaten Merauke.

Kedua official mengalami gejala Covid-19 saat masuk penginapan. Sementara dari hasil rapid antigen, keduanya terkonfirmasi reaktif, sehingga dilakukan pemeriksaan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction atau PCR dengan hasil positif Covid-19.

“(2 official) mengeluh demam, kemudian kita lacak ternyata sudah lebih dari tiga hari di Merauke. Jadi sebelum memeriksa, saya langsung bilang diswab dulu dan reaktif, lalu paginya kita swab lagi untuk ambil sampel PCR ternyata positif dan langsung isolasi. itu official dari catur, dua orang yang positif, ” ungkap Titik, Selasa 5 Oktober 2021.

Protokol Kesehatan Pertandingan Catur PON Papua Diperketat

Pascatemuan kasus positif Covid-19 di Klaster Merauke, pelaksanaan pertandingan cabang olahraga catur PON Papua diperketat. Panitia PON XX Papua telah menyiapkan tenaga kesehatan dan alat swab antigen di pintu masuk lokasi pertandingan catur PON XX.

“Official, atlet, aparat keamanan serta pengunjung yang berada di kawasan venue catur wajib swab antigen,” kata Titik Kartiningsih.

Dia mengatakan, dua official yang positif menjalani isolasi terpusat di Kapal Motor Sirimau.

Sebelumnya, Sebanyak enam atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua terkonfirmasi positif Covid-19 dengan kondisi atau status orang tanpa gejala (OTG) hingga gejala ringan.

Para atlet positif terdiri dari tiga atlet berasal dari DKI Jakarta, sedangkan tiga sisanya masing-masing satu atlet berasal dari Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.