Bahas Penyakit Hepatitis Akut, DPR Undang Kemenkes

Anggota Komisi IX DPR Rshmad Handoyo.

Jakarta, Sumselupdate.com – Anggota Komisi IX DPR Rshmad Handoyo menjelaskan, penyebab penyakit misterius yang sedang ramai dibicarakan belum diketahui, tapi kita harus waspada.

“Setelah WHO menetapkan penyakit ini sebuah kejadian luar biasa, namun sebagai parlemen, pemerintah dan masyarakat harus siaga,” ujar Rahmad di ruangan Media Center DPR Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Rahmad, yang disampaikan  pemerintah adalah sosialisasi, edukasi kepada masyarakat sudah pas dan tepat.

“Yang paling penting Kemenkes harus mengupdate berita serta mengupdate bagaimana situasi dan kondisi terakhir,” kata Rahmad

Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan, DPR  akan membahas masalah penyakit misterius tersebut bersama Kemenkes, Senin depan.

“Komisi IX sudah memutuskan untuk mengudang Kemenkes dan pihak terkait membahas hepatitis akut ini. Kita ingin mendengarkan penjelasan pemerintah, ” katanya.

Diakui, penyakit misterius ini mirip kejadian saat awal covid-19. awal, macam mana  kita baru berpengalaman di Covid-19. “Mudah-mudahan  kita lebih awal mengantisipasi dengan kejadian ini, “jelasnya.

Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat  Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, penyebab penyakit hepatitis akut ini bukan dari hepatitis A sampai E ataupun penyebab bakteri  lain seperti  tipus, demam berdarah.

“Kalau kita lihat yang disampaikan WHO belum ada definisi penyakit itu. Karena belum ketemu  penyebabnya, “tutur Siti seraya menambahkan yang bisa dilakukan semua pihak tetap waspada. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.