Badan Promosi Pariwista Bisa Memajukan Pariwisata di Sumsel

Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat menerima kunjungan dari Badan Promosi Wisata.

Palembang, Sumselupdate.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin menginginkan pariwisata di Sumsel berkembang pesat. Agar nantinya bisa menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumsel.

Namun hal itu harus dikoordinasikan dan diselaraskan bersama Dinas Pariwisata Provisi Sumsel agar pola pemikiran dan program-program yang dikembangkan dapat sejalan dan selaras.

Alex mengatakan, sebenarnya banyak sekali objek wisata yang dapat dikembangkan, mulai dari situs prasejarah, atau tempat-tempat menarik lainnya, terutama situs 1001 megalit di wilayah kabupaten Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang. Tetapi karena belum maksimalnya upaya promosi, menyebabkan kurang terkenalnya tempat wisata tersebut. Alex berharap, usaha promosinya agar lebih gencar lagi dengan memanfaatkan situasi dan momen supaya potensi pariwisata di wilayah tersebut cepat berkembang.

“Kita nanti harus bisa menjual objek wisata berkelas, sesuatu bisa dijual berkelas dunia,” ujar Alex saat menerima kunjungan dari Dinas Pariwisata di ruang tamu Gubernur, Selasa (26/07).

Selain itu, kawasan olahraga Jakabaring Sport City (JSC) juga bisa dijual. Dalam uraiannya, bila pembangunan LRT telah selesai, maka bisa menjadi alat transportasi penunjang wisatawan untuk berkunjung ke wilayah tersebut, terlebih lagi akan dikembangkannya proyek Green City, itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Jakabaring bisa menjadi sport tourism, paling tidak kelas dunia, bagaimana kita bisa mendesain, mengerjakannya, bukan hanya berbicara,” ungkap Alex.

Ditekankan Alex, bila ingin pariwisata maju, kita harus bisa menjaga kebersihan tempat tersebut, karena dari seluruh destinasi wisata dunia yang menjadi perhatian utama adalah faktor kebersihan.

Sebenarnya satu lokasi tempat wisata saja bisa dikembangkan, namun harus dikelola dengan sebaik-baiknya, seperti kawasan Kampong Kapitan, sebenarnya bisa menjadi projek strategis, tetapi semua pihak harus dapat menyatukan visi dan misinya agar bisa dikelola dengan baik sesuai yang diharapkan.

Di lain pihak, Kepala Dinas Pariwisata, Irene Camelyn Sinaga mengaku, pihaknya telah menyiapkan Badan Promosi Pariwisata sebagai tindak lanjut pengembangan wisata agar bisa dilirik pengunjung. Mereka akan melakukan promosi untuk menarik para investor.

“Bila berjalan ini saya pikir bisa berjalan dengan baik, melakukan inovasi kreatifitas mengembangkan pariwisata Sumsel,” kata Irene.

Badan Promosi Pariwisata tersebut terdiri dari anggota berbagai kalangan pelaku pariwisata seperti dari PHRI, ASITA, APHI, maskapai penerbangan Garuda Airlines dan pihak-pihak yang bisa meningkatkan daya tarik promosi pariwisata. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.