Aswari Bicara Kesiapan Hadapi MEA di Forum HMI

Selasa, 9 Februari 2016
Aswari Pembicara Stadium Genereal HMI (1)

Palembang, sumselupdate.com – Dalam rangka kegiatan Advance Training (Latihan Kader III) tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sumbagsel, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai didaulat untuk menjadi pembicara pada stadium general bertema “Menjawab Tantangan Zaman, Langkah Strategis Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean” di Wisma Atlet Jakabaring Palembang, Selasa (9/2/2016).

Di hadapan alumni HMI dan peserta training, Aswari mengingatkan bahwa bangsa Indonesia kini sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang di dalamnya terjadi persaingan bebas dan hanya sumber daya manusia yang berkualitaslah yang bakal memenangi persaingan.

Bacaan Lainnya

“MEA sudah di depan mata. Kuncinya, hanya kualitas sumber daya manusia yang menjadi penentu pemenang dalam persaingan”, ujar Aswari. Untuk itu, tambahnya, bangsa Indonesia termasuk kader HMI harus terus menerus memperbaiki kompetensinya.

Menurut Aswari, Kader HMI juga mesti membekali diri dengan kemampuan (skill) yang spesifik atau khusus.  “Saat ini dan ke depan, di tengah persaingan bebas, para spesialis itu sangat dibutuhkan. Sayangnya, dalam persaingan tenaga kerja global, bangsa ini justru kekurangan tenaga yang spesialis itu,” ujarnya.

Untuk itu, Aswari berharap training-training di HMI bisa mengarah pada pembentukan kader yang memiliki keahlian khusus. Bahkan HMI juga diharapkan dapat membentuk para entrepreneur yang sanggup memulai usaha mandiri, meski sekecil apa pun skala usaha itu. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.