Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas, Kanwil Sumsel Sukses Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi

Palembang, Sumselupdate.com – Melalui kerja keras dan komitmen yang telah dibangun sepanjang Tahun 2021, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan dengan membanggakan akhirnya berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan tagline “Making Change, Making History” disaksikan jajaran Kanwil secara virtual melalui Zoom Meeting, Senin (20/12).

Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian dan lembaga yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Apresiasi dan Penganugrahan ZI Menuju WBK oleh Kementerian PAN-RB Tahun 2021 diberikan kepada 558 instansi lembaga pemerintah, yang 55 unit (49 WBK dan 6 WBBM) di antaranya dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Read More

Melalui arahan virtual, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa, pembangunan ZI secara masif di setiap instansi diharapkan mampu memberikan pengaruh yang lebih luas terhadap pelayanan publik, pertumbuhan ekonomi, serta daya saing nasional.

“Integritas moral merupakan pondasi dan nilai karakter yang sangat diperlukan dalam pembangunan ZI. Hadirnya aparatur negara yang berintegritas akan mewarnai kelanggengan ekosistem antikorupsi dalam organisasi,” ujar Wapres.

Untuk mewujudkan reformasi birokrasi, lanjutnya, diperlukan sinergi dan kolaborasi dari hulu ke hilir, dari pencegahan sampai penindakan, baik dari government to government, government to business, business to business, hingga dari tingkat pusat ke daerah.

Didampingi Pimti Pratama Kantor Wilayah, Kakanwil Indro Purwoko pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan Zona Integritas, serta upaya pembinaan terhadap satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel. Menurutnya, keberhasilan Kanwil Kemenkumham Sumsel meraih predikat WBK bukanlah hal yang mudah, serta atas berkat kontribusi dari seluruh pegawai. Selain itu, makna yang harus direfleksikan atas penghargaan ini yakni sebagai semangat bersama untuk terus bekerja dan berkinerja, memberikan pelayanan publik yang cepat dan teapat.

“Alhamdulillah, jajaran Kanwil Kumham Sumsel boleh berbangga hati, bahwa kini resmi berpredikat WBK Tahun 2021. Semoga dengan adanya penghargaan ini dapat memacu kita semua untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutup Kakanwil Indro Purwoko. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.