Api Masih Berkobar di Gedung Kejagung, Tahanan Sudah Mulai Dipindahkan

Kebakaran hebat melanda Gedung Kejaksaan Agung (Syailendra/detikcom)

Jakarta, Sumselupdate.com  – Api masih berkobar di gedung Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Hingga kini penyebab kebakaran masih diselidiki pihak kepolisian.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini apa penyebabnya, kami masih akan menunggu. Kami akan lakukan penyelidikan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat mengecek lokasi kejadian, Sabtu (22/8/2020).

Nana mengatakan saat ini petugas masih fokus memadamkan api. Pihak kepolisian membantu proses evakuasi untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih besar.

“Saat ini masih pemadaman api. Masalah evakuasi itu tetap dilaksanakan jangan sampai yang tidak terbakar ikut terbakar. Barang-barang penting kita upayakan untuk dievakuasi,” jelas Nana.

Hingga pukul 22. 39 WIB, petugas Damkar masih berjibaku memadamkan api. Sejauh ini sudah ada 38 unit Damkar yang dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md menyebut para tahanan di gedung Kejaksaan Agung saat ini sedang proses dipindahkan.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan, para tahanan di Kejaksaan Agung juga sudah mulai dipindahkan,” kata Mahfud seperti dikutip melalui akun Twitter resminya, Sabtu (22/8/2020).

Mahfud menyebut para tahanan sudah mulai dipindahkan sejak pukul 21.00 WIB. Namun dia memastikan gedung tahanan berada jauh dari gedung yang terbakar. Ia pun meminta agar warga tidak berspekulasi terkait kebakaran tersebut.

“Spekulasi juga tak perlu terlalu jauh dikembangkan. Gedung tahanan untuk para tersangka yang ditahan di Kejaksaan Agung juga ada di bagian lain yang tidak terjangkau oleh api,” ucapnya.

“Gedung tahanan ada di belakang gedung yang agak jauh dari kobaran api. Pengamanan sudah diperketat,” lanjut Mahfud.

Hingga saat ini petugas masih berupaya memadamkan api. Belum ada laporan korban jiwa terkait kejadian ini.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengecek lokasi kebakaran besar di gedung Kejaksaan Agung. (Yogi Ernes/detikcom)

 

Dalam perstiwa ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah datang ke lokasi. Anies langsung meninjau kebakaran ditemani oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan petugas pemadam.

Pantauan di lokasi, Anies datang sekitar pukul 22.20 WIB, dia datang menggunakan jaker berwarna oranye. Dia sempat berkeliling di beberapa titik lokasi.

Anies terlihat berbincang dengan A Riza dan petugas pemadam saat mengecek beberapa titik kebakaran.

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan kebakaran terjadi di gedung pembinaan. ST Burhanuddin memastikan kondisi berkas dan para tahanan aman.

“Tahanan di belakang kondisi aman, aman semua. Jadi berkas perkara, tahanan, aman,” ujar Burhanuddin kepada wartawan di lokasi kebakaran, Sabtu (22/8/2020). (dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.