Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Basel Siagakan Tim serta Imbau Masyarakat Terapkan 3M Plus

Penulis: - Senin, 8 Juli 2024
Yuri Siswanto.

Bangka Selatan, Sumselupdate.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut untuk dapat lebih meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan atau panca-roba sekarang ini.

“Tujuan dari imbauan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel melalui kita Diskominfo tersebut supaya masyarakat lebih waspada, karena saat ini wilayah Basel sedang berada di musim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi, bahkan sesekali turunnya hujan juga disertai angin kencang,” kata Kepala Diskominfo Basel, Yuri Siswanto, Senin (8/7/2024).

Bacaan Lainnya

Selain itu, Yuri menyebutkan bahwa dengan curah hujan yang tinggi dan disertai angin kencang tersebut, berpotensi menimbulkan genangan air, banjir dan pepohonan tumbang serta timbulnya penyakit.

“Maka dari itu, kita mengajak masyarakat khusus Basel untuk bersama-sama dalam meningkatkan kewaspadaan dan tindakan pencegahan di lingkungan rumah kita masing-masing. Seperti menjaga kebersihan lingkungan, kelancaran saluran air, dan tidak membuang sampah sembarangan, serta¬† merapikan pepohonan yang rentan tumbang/menimpa rumah,” sebutnya.

Dirinya menjelaskan, di musim pengujan saat ini, masyarakat bisa melakukan gerakan 3 M plus secara mandiri, guna memberantas sarang nyamuk supaya menghindar serangan nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan penyakit Demam Tinggi (DD), maupun Demam Berdarah Dengue (DBD).

Baca juga: Beri Semangat, Kacab Disdik Bangka Selatan Kunjungi Rumah Siswa Berprestasi

“Gerekan 3 M plus ini, kurang lebih seperti menguras ataupun menutup tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi berkembang biak nyamuk. Masyarakat Basel juga bisa menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, dan menggunakan obat anti nyamuk saat tidur,” jelasnya.

“Masyarakat juga bisa memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi rumah, melakukan gotong royong membersihkan lingkungan secara bersama, dan meletakan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup, serta memberikan larvasida pada tempat penampungan air yang susah untuk dikuras,” tambah Yuri.

Baca juga: Asyik Cari Ikan, Warga Bangka Selatan Dimangsa Buaya, Begini Kondisinya  

Yuri mengungkapkan beberapa waktu lalu, Bupati dan Ibu Wakil Bupati Basel sudah memerintahkan kepada OPD terkait untuk terus siaga dalam pelayanan utamanya terkait penanganan bencana.

“Masyarakat sendiri bila mengetahui kejadian bencana agar dapat menyampaikan kepada nomor aduan penanggulangan bencana Basel, dan kanal media sosial Bupati Basel,” ungkapnya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.