Antara Maspari, Penyu Sisik dan Cerita Bajak Laut

Penyu Sisik di Pulau Maspari OKI

Oleh : Adi Yanto, Kabid Pelayanan Komunikasi Publik Dikominfo OKI

Yuk Kenalan lagi dengan Pulau Maspari di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Pulau Maspari di Ogan Komering Ilir merupakan habitat dari Penyu Sisik (Eretmochelys imbricato) tergolong dalam familia Cheloniidae. Penyu Sisik, termasuk jenis penyu yang sudah terancam punah. Secara umum, penampilan penyu sisik mirip dengan penyu lainnya. Tubuh penyu sisik datar, dilindungi sebuah karapkas, serta sirip seperti lengan yang beradaptasi untuk berenang.

Dikutip dari tulisan Jay Fajar, saat ini di dunia hanya terdapat tujuh jenis kura-kura laut yang masih bertahan hidup, yaitu penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu pipih (Natator depressus), penyu tempayan (Caretta caretta) dan penyu kemp’s ridley (Lepidochelys kempi).

Hewan-hewan tersebut dilindungi baik oleh peraturan nasional maupun internasional. Penyu sisik dewasa biasanya ditemukan di terumbu karang tropis, beristirahat di gua-gua dan sekitaran terumbu karang sepanjang hari. Sebagai spesies yang bermigrasi sangat jauh, mereka dapat mendiami berbagai habitat, dari samudra terbuka sampai laguna dan rawa hutan bakau di muara.

Penyu sisik diyakini bisa bertahan hidup di sekitar Pulau Maspari, sebab pulau Maspari memiliki bentangan berhutan bakau, dan terdapat terumbu karang tropis.

Masyarakat di desa-desa sekitaran Pulau Maspari seperti di desa Sungai Pedade, Sungai Kong menjaga Maspari secara turun temurun.

Selain cerita mistis masyarakat mempercayai bahwa dahulu kala Pulau Maspari adalah tempat para perompak atau bajak laut bermarkas. Hal ini memungkinkan karena letak Pulau Maspari yang strategis, berada pada alur pelayaran Selat Melaka Singapura ke Jawa. Apa lagi perairan sekitar Maspari merupakan laut dalam yang bisa dilewati kapal-kapal berbobot besar.

Aksi perompakan Kapal yacht bernama Hoopla yang dinahkodai WNA Australia pada Mei lalu semakin menguatkan bahwa perairan di Pesisir Timur Ogan Komering Ilir ini sangat strategis keberadaannya.

Nantikan update informasi lainnya tentang Pulau Maspari di IG @ogankomeringilirmandir @kominfo.oki

Dan Dukung Pulau Maspari Kab. OKI Jadi Pemenang API Award 2020 Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.