Anies Baswedan Singgung Bansos Bukan untuk Kepentingan Dalam Debat Capres Kelima

Penulis: - Minggu, 4 Februari 2024
Anies Baswedan di debat capres kelima [KPU/ss]

Jakarta, Sumselupdate.com – Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan menyinggung soal bansos dalam pemaparan visi dan misinya di debat capres pamungkas, 4 Februari 2024 yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta.

Dalam debat yang mengangkat topik kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi, Anies sedikit menyinggung soal bansos.

Menurutnya program bansos harus jelas untuk menjangkau keluarga yang membutuhkan di Indonesia bukan karena kepentingan. Pemaparan Anies bermula dengan memberikan misi memberikan pertolongan cepat di bidang kesehatan.

“Satu kita akan memastikan hidup sehat dan bila sakit ada pertolongan cepat dengan biaya terjangkau. Bila membutuhkan diberikan Bansos sesuai kebutuhannya Bansos plus bukan memberikan Bansos untuk kepentingan yang memberi tapi untuk kepentingan yang diberi,” ujar Anies Baswedan dalam pemaparan visi dan misinya di debat capres terakhir yang ditayangkan langsung di stasiun TV dan kanal Youtube KPU.

Advertisements

Diduga pernyataan Anies Baswedan tersebut dihubungkan dengan masalah bansos yang kembali digulirkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berupa bantuan langsung tunai (BLT) menjelang Pilpres 2024. Bansos tersebut mengeluarkan anggaran yang cukup besar.

Sebelumnya, Jokowi sudah memberi bansos sejak awal 2024 dominan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Muncul spekulasi, langkah itu dilakukan untuk mendongkrak elektabilitas Prabowo-Gibran dan menjatuhkan Ganjar-Mahfud di kandang banteng.

Untuk diketahui, debat capres kelima pemilu 2024 dimulai pukul 19.00 WIB. Topik debat membahas tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Sementara subtema yang menjadi dasar debat ketiga capres meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Jurnalis dari TV One yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia akan memandu jalannya debat pamungkas. Ada 12 panelis yang sudah merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh capres. (**)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.