Ancaman Laten Karhutla, Lima Wilayah di Sumsel Alami Kebakaran Lahan

Palembang, Sumselupdate.com – Dalam beberapa hari terakhir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan memadamkan api yang menjalar akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Berdasarkan data, karhutla sudah terjadi di lima wilayah sejak 7 Agustus 2020. Yakni Ogan Ilir (OI), Musi Banyuasin (Muba), Palembang, PALI dan Banyuasin.

Bacaan Lainnya

“Api berhasil kita padamkan setelah dilakukan water bombing. Total ada 81 bombing yang dilakukan di Indralaya Utara, Kertapati, Pulau Rimau, Lais dan Abab,” jelas Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan dari BPBD Sumsel, Ansori.

Ia mengakui, saat ini pemadaman api tidak hanya difokuskan lewat pemadaman darat. Pihaknya mencoba memadamkan api menggunakan helikopter water bombing. Menurutnya, pemadaman dengan helikopter dapat dilakukan lebih cepat sebelum api membesar.

“Tim terus bersiaga dalam melakukan penanganan. Baik di udara maupun di darat. Sosialisasi juga sudah dilakukan ke masyarakat yang tinggal di titik rawan karhutla,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari catatan yang ada pada periode Januari-Agustus tercapat hotspotmencapai 2.625 titik. Wilayah yang paling banyak terdeteksi berada di Kabupaten Muara Enim dengan 476 titik. Lalu Muba dengan 472 titik dan OKI 380 titik.

“Sesuai dengan prediksi BMKG, puncak kemarau terjadi di Agustus-September. Sehingga hotspot terdeteksi cukup banyak di bulan ini,” katanya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.