Amblas, Ruas Jembatan Pulo Mas Empat Lawang Ditutup Sebagian

Petugas Dinas PU PR Empat Lawang menutup sebagian badan Jembatan Pulo Mas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang lantaran pondasinya amblas, Selasa (5/10/2021).

Laporan: Mutaqim Alparisi

Tebingtinggi, Sumselupdate.comCurah hujan tinggi beberapa hari lalu mengakibatkan debit air di Sungai Musi meluap.

Read More

Kondisi tersebut menjadikan tiang pondasi Jembatan Pulo Mas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan tergerus air.

Bahkan kondisi saat ini cukup mengkhawatirkan pengguna jalan yang melintas.

Untuk menghindari kerusakan lebih parah, petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Empat Lawang menutup sisi kanan jembatan. Pengendara harus bergantian melintas.

“Di kawasan Pulo Mas itu ‘kan ada pasar, akses ke sana melewati jembatan itu. Jadi setiap hari ramai melewati jembatan itu. Kalau tidak segera diperbaiki bisa membahayakan warga dan akses ke pasar bisa putus,” kata Rozi (40), salah seorang warga yang melintas, Selasa (5/10/2021).

Lain halnya dengan Romli, warga lainnya yang berharap kepada pemerintah agar dapat membangun talud di sekitaran jembatan tersebut.

“Mengingat kondisinya cukup memprihatinkan biar tidak ambles lagi, dibuatkan talud,” ujarnya.

Pantauan Sumselupdate.com jika dilihat lantai Jembatan Pulo Mas masih mulus.

Akan tetapi di bagian bawah jembatan, kerusakan sudah cukup parah. Tampak lubang besar hampir memakan separuh badan jalan di bagian bawah.

Terpisah, Kepala Dinas PU PR Empat Lawang, H Ismail Hakim melalui Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Empat Lawang, Eko Purwanto saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sedang mempelajari penyebab terjadinya amblasnya jembatan dan belum bisa memastikan kapan jembatan akan diperbaiki.

“Untuk sementara ini kami tutup sebagian jembatan, karena bisa membahayakan pengendara. Di lokasi sudah dipasang imbauan kepada warga,” bebernya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.