Alex Noerdin: Pelantikan Bupati Masih Tunggu Arahan Pusat

H Alex Noerdin

Palembang, Sumselupdate.com

Kepastian kapan pelantikan tujuh bupati-wakil bupati di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) hasil Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 lalu belum jelas. Pemerintah Provinsi Sumsel sejauh ini masih menunggu arahan Pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri RI, kapan tanggal pasti pelantikan tersebut.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (1/2). “Kita masih menunggu kabar dari Pusat (Kemendagri). Ada yang mengatakan Juni. Ada juga kabar di pertengahan Februari,” ujar Alex.

Ditegaskan Alex, Pemprov Sumsel pada prinsipnya siap kapan saja pelantikan itu dilakukan, selama sudah ada keputusan dari Pusat.

Sebelumnya, pada hari yang sama juga telah dilakukan rapat persiapan rencana pelantikan kepala daerah terpilih di Ruang Rapat Sekda Sumsel yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah. Usai mengikuti rapat, Asisten I Pemprov Sumsel Ikhwanuddin mengatakan bahwa surat permohonan surat keputusan (SK) Mendagri perihal pelantikan bupati terpilih sudah disampaikan oleh Pemprov Sumsel.

“Permohonan SK Mendagri ihwal pelantikan sudah kami ajukan pekan lalu. Kini tinggal menunggu SK tersebut sampai di Pemprov, setelahnya membicarakan tanggal pelantikan. Secepatnya pelantikan, paling lambat Maret. Tapi bisa saja Februari ini,” ujar Ikhwanuddin

Mantan Ketua Kesbangpol Sumsel ini menambahkan, saat ini sudah tak ada lagi masalah jelang keluarnya SK Mendagri terkait tujuh bupati yang akan dilantik. Sebab, para calon bupati yang menggugat ke Mahkamah Konstitusi sudah ada keputusannya. Jadi, mereka tinggal menunggu SK pelantikan saja.

Adapun ketujuh kepala daerah yang bakal dilantik itu yakni pasangan AW Nofiadi Mawardi-M Ilyas Panji (Ogan Ilir), Kuryana Aziz-Johan Anwar (OKU), M Kholid-Fery Antoni (OKUT),

Popo Ali Maropoi-Sholehien Abuasir (OKUS), Heri Amalindo-Ferdian Andreas Lacony (PALI), Hendra Gunawan-Suwarti (Mura), dan Syarif Hidayat-Devi Suhartoni (Muratara).

Sementara terkait lokasi pelantikan, Ikhwanuddin menyebutkan pelantikan akan dilakukan secara serentak di Gedung PSCC. Gedung ini disebut mampu menampung sekitar 4.000 orang. Pelantikannya sendiri akan dilakukan oleh Gubernur Sumsel (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.