Alex Noerdin Buka Pertemuan Sumatera ‘Region Invesment Forum’ 2016

Alex Noerdin

Palembang, Sumselupdate.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin membuka Region Invesment Forum 2016 yang berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2016 di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang. Selasa (26/7). kegiatan tersebut mengambil tema ‘Exploring Sumatra’s Regional Potential For Quality Investment”.

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, Provinsi Sumsel bukan hanya provinsi biasa tetapi provinsi terkemuka yang mempunyai sejarah ribuan tahun lalu melalui Kerajaan Sriwijaya yang menguasai dan mengontrol nusantara sampai perbatasan China dan India.

“Tidak ada satu daerahpun yang bisa membangun hanya dengan APBD nya sendiri harus dengan investasi, Kami banyak maunya tetapi tenaga kurang oleh karena itu menggunakan dana orang lain untuk membangun,” ungkapnya.
lanjut Alex mengatakan, event internasional yang dilaksanakan hanya untuk menarik investasi, daerah yang sudah bisa menyelenggarakan event internasional berarti daerah itu kondusif, Sumsel tidak pernah terjadi keributan antar etnis itu menjadi syarat untuk investasi.

“Selain daerah yang kondusif, agar investor tertarik berinvestasi harus ada kepastian hukum. Kelemahan Sumsel saat ini adalah Sumber Daya Manusia (SDM) oleh karena itu kami programkan pendidikan dan kesehatan gratis,” ujarnya.

Berkenaan soal dengan lamanya waktu dalam proses perizinan, Alex mengatakan, saat ini bukan masalah waktu dalam hal pengurusan perizinan tetapi kesungguhan dari daerah. “Kami dengan segala kekurangan juga banyak kelebihan kami akan mengantisipasi masalah investasi berkaitan aturan BUMN baru yang akan diberlakukan,” terangnya.

Kemudian, dihadapan para peserta region investment forum 2016, Gubernur Sumsel memaparkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api (TAA) Palembang.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal, Azhar Lubis mengatakan, acara ini merupakan kegiatan diskusi tentang kebijakan investasi di Sumatera.

“Ini adalah kesempatan bagus bagi daerah karena hadir investor dari Australia, Singapura, Korea, Jepang. Jumlahnya ada 30 investor yang khusus datang kesini. Ini sangat bagus biasanya kita yang datang tetapi saat ini mereka datang kesini, kita harus memanfaatkan ini,” jelasnya.

Lanjut Azhar, ia berharap ada follow up tentang apa-apa yang mereka inginkan. Ini adalah kesempatan bagi daerah untuk mengeksplore potensi di daerahnya.

“Mereka sudah datang ke sini, tanpa kegiatan ini belum tentu mereka akan datang. Kita akan sudah dapat investasi oleh karena itu kegiatan seperti ini akan diadakan setiap tahun,” katanya.

Saat ini perbandingan investasi antara Jawa dan luar Jawa, 55 persen Jawa dan 45 persen luar Jawa. Sumber daya alam ada di luar jawa maka infrastruktur akan dibangun diluar Jawa. Kedepan perbandingan akan lebih besar diluar Jawa dikarenakan sumber daya alam memang banyak di luar Jawa.

“Sumatera saat ini sedang dan akan membangun jalan tol disetiap provinsi, nantinya akan menjadi highway Sumatera Untuk kemudahan berinvestasi untuk investor yang mengimpor barang modal akan di bebaskan dari pajak,” pungkasnya. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.