Ada Penggeseran Surat Suara di Rutan Baturaja, Ini Penjelasan KPU OKU

Baturaja, Sumselupdate.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Naning Wijaya melalui Devisi Program dan Data Erwin Suharja mengungkapkan, jika ada perggeseran sebanyak 175 surat suara.

“Penggeseran sebanyak terjadi dari TPS 15 ke TPS 18 (Rutan Baturaja) Desa Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur,” jelas Erwin, Rabu (27/6/2018).

Read More

Erwin menjelaskan, 175 surat suara di TPS 15 itu diambil untuk memenuhi kekurangan surat suara di TPS 18. “Tadi memang ada surat suara di TPS 15 sebanyak 175 diambil untuk memenuhi kekurangan surat suara di TPS 18,” katanya.

Di lain pihak Ketua sekaligus Kordiv Hukum dan Penindakan Panwaslu OKU Anggi Yumarta, Kordiv SDM dan Organisasi Dewantara Jaya dan Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Yeyen Andrizal mengatakan, pengeseran surat suara dari TPS 15 ke TPS 18 dikarenakan ada kekurangan surat suara di TPS 18.

Kekurangan itu dikarenakan, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 18 ada 15 orang pemilih. Namun Daftar pemilih tambahan hasil koordinasi antara KPU, Disdukcapil, Depkumham (Rutan Baturaja) dan Panwas OKU maka dikeluarkan lah suket berjumlah 161 orang.

“Setelah dilakukan perekapan ada penambahan setelah di Coklit sebanyak 161 rang pemilih menggunakan Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil. Untuk memenuhi kebutuhan itulah surat suara di TPS terdekat yakni TPS 15 diambil untuk TPS 18,” ucapnya.

Banyaknya surat suara yang diambil dari TPS 15 untuk TPS 18 sebanyak 175. “Memang lebih. Ini mengantisipasi atau sebagai cadangan kalau ada kerusakan surat suara. Pengalihan surat suara tadi antara lain disaksikan pihak KPU OKU, PPK, PPS dan Panwaslu serta pihak kepolisian,” jelasnya. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.