75 Titik Api Terpantau di PALI

Ilustrasi hotspot

PALI, Sumselupdate.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Junaidi Anuar menyebut bahwa pihaknya mendeteksi 75 titik api yang terpantau berada di wilayah Bumi Serepat Serasan.

“Data hotspot ada 75 titik api, hanya saja yang paling banyak terdeteksi adalah Plaring pembakaran pertamina, yaitu di Benuang. Karta Dewa, Raja dan Beruge Darat. Kalau yang ada di lahan pertanian atau perkebunan paling banyak 30an titik,” ujar Junaidi Anuar, Senin (2/8/21).

Read More

Untuk menghindari bencana kebakaran lahan dan hutan, Junaidi Anuar menghimbau masyarakat agar tidak membakar lahan ketika membuka ladang baru. Dan kepada pihak Pertamina untuk membangun sapety dengan cara memagar atau memberi penyekat adanya titik api karena adanya aktivitas perusahaan agar tidak merembet.

“Puncak musim kemarau tahun 2021 ini diperkirakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan September. Saat ini saja cuaca cukup panas dan ada puluhan titik api terpantau. Untuk itu kami menghimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan atau kebun dengan cara membakar, tidak menyalakan api secara sembarangan, bila ada titik api segera dipadamkan atau jangan buang puntung rokok sembarangan,” himbaunya.

Dalam mensosialisasikan bahaya kebakaran, Junaidi Anuar mengatakan bahwa pihaknya akan mengajak tim Karhutlah untuk roadshow keliling di lima kecamatan.

“Rencana kami tanggal 3 Agustus 2021 bersama Kepolisian Dan TNI juga Satgas Karhutlah dan Satgas covid-19 akan keliling sosialisasikan bahaya karhutlah sekaligus penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Bumi Serepat Serasan,” terangnya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.