22 ABK India Berlabuh di Dumai, Kapten Kapal Positif Covid-19

ABK India diamankan Polres Dumai.

Riau, Sumselupdate.com – Polres Dumai mengenakan alat pelindung diri (APD) mengevakuasi kapten kapal berkewarnegaraan India, Minggu (2/5/2021) sore. Dari video yang viral, ABK warga negara India tersebut juga mengenakan pakaian APD dan berjalan dengan langkah gontai.

Diketahui, kapten kapal berinisial JRM dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam kapal berbendera India itu terdapat 22 orang kru semuanya warga negara India.

Bacaan Lainnya

“Benar, kita evakuasi kapten kapal atau master kapal dengan mengenakan APD lengkap,” ungkap Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dikutip dari Suara.com jaringan nasional sumselupdate.com, Minggu (2/5/2021) malam.

Evakuasi tersebut dilakukan oleh tiga anggota Polres Dumai dari kapal dengan mengenakan APD lengkap.

Usai turun dari kapal, ABK warga negara India ini dengan pengawalan mobil polisi dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Hasil pemeriksaan terakhir kondisi kapten kapal, suhu tubuhnya 36 C, kadar oksigen atau saturasi 80 persen, serta dan mengalami sesak nafas ringan.

Untuk diketahui berdasarkan informasi dirangkum, pada Selasa (27/4/2021) sore, Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai mendapat pemberitahuan kedatangan kapal dari agen pelayaran.

Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), setiap kapal akan merapat, kru ABK diwajibkan untuk menjalani rapid test antigen. Hasilnya, dari 22 ABK yang menjalani tes, 2 di antaranya dinyatakan positif.

Keduanya, satu kapten kapal atau master, serta satu lagi ABK. Kapten kapal awalnya tak percaya, dan meminta untuk tes ulang.

Pihak KKP Dumai mengabulkan permintaan tersebut, dan tetap saja hasilnya positif untuk kapten kapal.

Esok harinya, Rabu (28/4/2021), agen pelayaran kapal dan KKP Dumai melakukan pemeriksaan Swab PCR dengan mendatangkan petugas medis dari RS Awal Bross Pekanbaru. Tes ini dilakukan untuk kedua orang sebelumnya dinyatakan positif dari rapid test antigen.

Hasilnya, tetap positif untuk kapten kapal. Usai dinyatakan positif dari swab PCR, kapten kapal kemudian menjalani isolasi mandiri di kapal ia nakhodai.

“Kita tak mau kecolongan. Kita kemudian lakukan tes swab PCR Sabtu lalu untuk ke-21 ABK bekerja sama dengan Dinkes Dumai,” ungkap Kapolda.

Hingga kini, hasil swab 21 kru kapal berbendera India tersebut masih belum keluar. Prediksinya akan keluar malam ini atau besok pagi yang dilakukan prosesnya di laboratorium difasilitas Mobile Laboratorium KKP Dumai.

Saat ini, kapal masih berlabuh di kawasan karantina kolam bandar Dumai serta dalam pengawasan KKP Kelas III Dumai. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.