2021, Palembang Siapkan Anggaran PBI Rp141 Miliar Agar Tetap UHC

Salah seorang peserta BPJS

Palembang, Sumselupdate.com – Mempertahankan Universe Coverage Health (UHC) di tahun depan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang harus menyediakan anggaran sebesar Rp141 Miliar guna menanggung masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Assisten III Setda Kota Palembang, Agus Kelana mengatakan, Terkait dengan surat dari Gubernur Sumsel kepada Kabupaten/kota agar menganggarkan iuran BPPJS Kesehatan yang ditanggung oleh Pemda masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Untuk pemkot Palembang agar mencapai UHC maka butuh anggaran PBI sebesar Rp141 Miliar, sementara saat ini baru dianggarkan Rp45 miliar untuk tahun depan,” katanya.

Karena terkait anggaran, maka nanti dari Badan Keuangan Daerah (BKD) berkoordinasi dengan TAPD kemudian ke Banggar untuk menganggarkan kebutuhan bantuan ini di 2021.

“Kebutuhan Rp141 Miliar ini khusus yang PBI ditanggung pemkot Palembang, di luar dari tanggungan pusat, bantuan sharing dana pemprov ataupun Corporate Social Responsibility (CSR),” katanya.

Menurutnya, kebutuhan anggaran PBI agar Palembang tetap UHC ini penting, karena akan ada perbedaan antara daerah sudah UHC dan belum. “Kalau sudah UHC walaupun tidak punya kartu BPJS Kesehatan, masyarakat yang berobat bisa langsung dilayani,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda menyatakn, terkait UHC Palembang pihaknya optimis tahun depan tercapai 100 persen masyarakat Kota Palembang terdaftar KIS.

“Saat ini masih ada sekitar 200 ribuan jiwa yang belum terdaftar di KIS, maka dari itu pihaknya mengerahkan instansi terkait untuk melakukan pendataan agar semua masyarakat khususnya yang prasejahtera dapat menikmati layanan kesehatan gratis,” katanya.

Dengan status UHC Palembang, pihaknya menegaskan warga jangan takut berobat meski belum mempunyai KIS, karena tetap bisa berobat di Puskesmas-Puskesmas dan RSUD Bari Palembang.

“Cukup dengan membawa KTP sembari mengurus KIS-nya tersebut warga tetap bisa berobat,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Siti Fauziah mengatakan, terkait anggaran yg disiapkan pemkot utk UHC ke BPKAD. “Untuk memenuhi kriteria UHC >95% masyarakat kota Palembang sudah menjadi peserta JKN, baik biaya mandiri maupun yang dijamin pemerintah,” katanya.

Jumlah anggaran PBI yang mesti disediakan pemkot Palembang ini terhitung untuk 107 ribu peserta PBI yang ditanggung diluar dari PBI masyarakat Palembang yang diberikan Pemprov Sumsel ataupun dari bantuan lainnya.

“Total peserta PBI Palembang ada 211.405 dimana 107.000 nya ditanggung PBI APBD Kota Palembang, dan sisanya ditanggung/dibayarkan oleh Pemprov,” ujarnya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.