1 April, Harga Premium dan Solar Turun

Foto Ilustrasi

Jakarta, Sumselupdate.com  -Pemerintah memastikan bahwa pada 1 April 2016, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis premium dan solar akan turun. Menurut keterangan PT Pertamina (Persero) penurunannya sekitar Rp200/liter.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menyatakan bahwa dampak penurunan harga BBM paling besar dirasakan oleh masyarakat perkotaan. Hal ini dikarenakan besarnya konsumsi BBM oleh masyarakat perkotaan.

Bacaan Lainnya

“Kalau di perkotaan mungkin lebih langsung dan besar dampaknya,” tegas Darmin di Istana Negara, Jakarta seperti dilansir detik finance Selasa (29/3).

Meskipun harga baru untuk BBM nantinya tidak akan sesuai dengan harga keekonomian. Pemerintah menyediakan ruang, agar ketika ada lonjakan harga minyak dunia atau pelemahan nilai tukar rupiah, maka harga BBM bisa ditahan.

“Boleh jadi beberapa bulan ke depan (minyak dunia) akan naik, sehingga tidak menurunkan (harga BBM) tidak sebesar menurunkan itu, kita tetap punya bumper kalau nanti naik, tidak perlu menaikkan harga BBM buru-buru,” terangnya.

Darmin menyampaikan harga baru BBM akan diumumkan dalam beberapa hari kedepan oleh Kementrerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) dan PT Pertamina persero.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut juga enggan menanggapi pernyataan Pertamina soal permintaan turunnya harga BBM sekitar Rp200-Rp400 per liter.

“Saya belum akan ngomong, biarlah nanti mungkin satu dua hari akan diumumkan, biarlah ESDM yang mengumumkan,” kata Darmin. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.