Wujudkan Pola Pengasuhan Anak yang Lebih Baik

Penulis: - Kamis, 9 November 2023
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Jakarta, sumselupdate.com – Cegah pola pengasuhan tidak layak terhadap anak usia dini demi membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang sehat dan berdaya saing di masa depan.

“Upaya membangun SDM nasional yang berdaya saing harus dimulai sejak usia dini melalui penanaman nilai, perilaku dengan pola asuh yang baik mulai di lingkungan keluarga,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis Kamis (9/11).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan catatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan angka perkawinan anak masih terbilang tinggi pada angka 8 persen dan 3,73 persen bayi di bawah lima tahun (balita) masih mendapatkan pengasuhan tidak layak.

Data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 mencatat persentase balita stunting nasional adalah 21,6 persen.

Menurut Lestari, mewujudkan pola pengasuhan yang layak sejak usia dini merupakan langkah strategis bagi keberlangsungan pembangunan SDM nasional.

Baca juga : Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Kualitas Demokrasi Indonesia

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat keluarga sebagai bagian terkecil dari komunitas di masyarakat harus mendapatkan perhatian lebih pada setiap program yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia.

Di era disrupsi saat ini, menurut Rerie membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni sebagai pembelajar untuk menyikapi berbagai perubahan yang terjadi.

Baca juga : Ketua MPR RI Sepakat Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Rerie  berharap, bangsa Indonesia mampu mempersiapkan diri  dari sisi kualitas SDM dan pengelolaan sumber daya alam (SDA)  berkelanjutan dalam upaya memperkokoh fondasi dalam proses pembangunan nasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, para pemangku kepentingan dan masyarakat harus bahu membahu  bergerak bersama mewujudkan  proses pembangunan  berkelanjutan menuju Indonesia lebih baik.(duk)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.