‘Warning’, Pembangunan Dana DAK, Papan Proyek Harus Dipasang

Sosialisasi penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) sekolah di SD N 24 Mekar Jaya (3A) Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empatlawang.

Laporan: Alparisi

Tebing Tinggi, Sumselupdate.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bidang Sekolah Dasar (SD), menggelar sosialisasi penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) sekolah.

Read More

Acara sosialisasi penggunaan DAK berlangsung di SD N 24 Mekar Jaya (3A), Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang. Adapun peserta dalam sosialiasi penggunaan DAK yakni, 50 perusahan dan 130 paket pekerjaan.

Tender fisik 39 paket. Pengadaan langsung mencapai Rp50-200 juta sebanyak 49 paket. Pengadaan langsung mencapai Rp50 juta sebanyak 42 paket.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rita Purwaningsih, selaku Kepala Dikbud Kabupaten Empatlawang.

Dalam sambutannya, Rita berpesan kepada pihak ketiga, yang mengelola DAK SD, agar melaksanakan pembangunan ataupun pengadaan sesuai dengan juklak dan juknis. Jangan sekali-kali melenceng dan jangan mengurangi volume. Semuanya harus sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan.

“Kami dari Dikbud berharap pembangunan bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan tanpa ada halangan sesuatu apapun dan tidak akan menimbulkan masalah. Pengadaan haruslah sesuai dengan apa yang diinginkan dari Kemendikbud. Jangan mengurangi ataupun membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan juklak dan juknisnya. Nantinya repot. Tolong papan merk ditempel lengkap dengan waktu pengerjaan 120 hari kurang lebih 4 bulan. Seandainya nanti ada temuan, diharapkan untuk kooperatif dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pekerjaan karena DAK ini pemeriksaannya berlaku sampai puluhan tahun,” pesan Rita, Jumat (24/9/2021).

Di tempat sama, Fuji selaku Kasi Sarana dan Prasarana Bidang SD, dalam laporannya menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi penggunaan DAK, ialah agar penyediaan barang/jasa sesuai dengan kaidah, serta untuk memberi informasi dalam rangka pengelolaan DAK tahun 2021.

“Semoga para peserta mendapatkan pengetahuan dalam hal pelaksanaan DAK SD tahun 2021,” ujar Fuji. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.