UEFA Hapus Aturan Gol Tandang

Christiano Ronaldo

London, Sumselupdater.com – UEFA menghapus aturan gol tandang untuk semua kompetisi antarklub di Eropa. Keputusan ini mulai berlaku di musim 2021/2022.

Aturan gol tandang ini sudah beberapa tahun terakhir menjadi perdebatan. Arsene Wenger sejak 2013 menjadi salah satu orang yang vokal agar aturan tersebut dihapuskan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepakbola Wanita UEFA, dan Komite Eksekutif UEFA maka diputuskan oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, bahwa gol tanda tidak lagi berlaku.

Tim-tim yang memiliki agregat seimbang dari dua pertemuan, bakal berlanjut ke tambahan waktu 2×15 menit, tanpa mempertimbangkan banyaknya gol tandang.

Penghapusan gol tandang ini tidak cuma berlaku saat ada kedua tim bertemu di fase gugur. Dalam keterangan UEFA, gol tandang juga tidak dipakai dalam menentukan peringkat sebuah tim di fase grup andai ada dua atau lebih tim memiliki poin sama. Kriteria yang diutamakan adalah produktivitas gol.

“Dampak dari aturan tersebut (gol tandang) sekarang bertentangan dengan tujuan awalnya karena, pada kenyataannya, aturan itu sekarang menghalangi tim tuan rumah – terutama di leg pertama – untuk menyerang,” kata Ceferin.

“Karena mereka takut kebobolan gol yang akan memberi lawan keuntungan besar.”

Juventus mungkin salah satu klub yang harus menyambut positif ditiadakannya aturan gol tandang. Dalam dua musim terakhir di Liga Champions, Si Nyonya Tua kandas gegara kalah gol tandang, yakni melawan Lyon 2-2 dan Porto 4-4. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.