Tumpukan Sampah Dikeluhkan Warga dan Pengendara yang Melintas di Talang Bulang PALI

Rabu, 3 Februari 2021
Tumpukan sampah yang berada di di Jalan lintas PALI - Simpang Belimbing.

PALI, Sumselupdate.com – Pemandangan tak mengenakkan terlihat di Jalan lintas PALI – Simpang Belimbing, Kabupaten Muaraenim, tepatnya di Desa Talang Bulang. Dimana terlihat tumpukan sampah di pinggir jalan.

Selain membuat pemandangan yang tidak mengenakkan, bau busuk sampah pun juga sangat mengganggu warga dan pengguna jalan.

Seperti dikatakan Amrin, salah satu pengendara sepeda motor dari arah Belimbing menuju Pendopo. Menurutnya pemerintah desa setempat harus menyiapkan tempat pembuangan sampah.

“Imbas dari buang sampah sembarangan tentu sangat mempengaruhi keindahan lingkungan juga bau busuk menyengat mengganggu penciuman warga yang melintas di jalan ini. Untuk itu, kami berharap pemerintah desa setempat, menyediakan tempat pembuangan sampah agar warga ada sampah tidak berserakan,” kata Amrin.

Advertisements

Sementara itu, Kepala Desa Talang Bulang, Menriadi, membantah kalau pihak desa tidak menyiapkan tempat pembuangan sampah. Bahkan pemerintah desa tersebut mengangkut sampah dari rumah ke rumah, lalu membuang sampah ke tempat yang telah disiapkan.

“Kami juga geram dengan oknum warga pembuang sampah. Tapi kami menduga sampah itu bukan dari desa kami, itu dari luar desa. Karena kami telah menganggarkan pengangkutan sampah melalui ADD, dengan rincian untuk operasional Rp500.000, supir Rp1 juta dan petugas yang memuat sampah juga Rp1 juta perbulannya. Tempat pembuangan sampah kami siapkan lahan lebih kurang 1 hektar,” terang kades, Rabu (3/2/21).

Menriadi menegaskan telah membuat peraturan desa atau Perdes yang akan menjerat hukum oknum pembuang sampah sembarangan di wilayah desa tersebut.

“Hukum yang berlaku kalau masih ada yang bandel membuang sampah sembarangan. Kami juga telah memerintahkan seluruh perangkat desa dan linmas bahkan masyarakat Talang Bulang, agar menangkap siapa saja oknum pembuang sampah sembarangan, karena kami telah sering membersihkan sampah yang berserakan dipinggir jalan,” tandasnya. (adj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.