Tumpahan Nikel Membuat Sungai Ini Bewarna Merah Darah

Sungai Daldykan di Rusia berwarna merah darah (Greenpeace/BBC)

Rusia, Sumselupdate.com– Teka-teki mengapa sungai Daldykan, Rusia, mendadak berwarna merah darah terjawab. Perusahaan nikel terbesar dunia, Norilsk Nickel, mengakui tumpahan nikel di salah satu pabriknya telah mengakibatkan sebuah sungai yang terletak di bagian utara Rusia itu berubah warna menjadi merah darah.

Perusahaan Norilsk Nickel mengungkapkan bahwa hujan lebat pada 5 September mengakibatkan air masuk ke salah satu bendungan mereka di Nadezhda. Akibatnya, air dan nikel di bendungan itu melimpah ke sungai Daldykan, demikian seperti dilansir BBC, Selasa (13/9).

Meskipun begitu, Norilsk mengklaim peristiwa itu tidak berbahaya bagi manusia ataupun flora-fauna di sekitar sungai.

Sebelumnya, Norilsk tidak mau mengaku bertanggung jawab ketika foto-foto ‘sungai merah’ mencuat dan membuat kehebohan akhir pekan lalu.

Seorang aktivis Greenpeace Rusia menegaskan terlalu awal untuk menyebut tidak ada dampak dari pencemaran itu.

“Anda tidak boleh menyebut bahwa ini bukan masalah besar,” kata Alexei Kiselyov kepada kantor berita AFP.

Kiselyov mengungkap bahwa Norilsk Nickel menguasai akses di seluruh semenanjung Taymyr, tempat insiden itu terjadi. Kiselyov menuding Norilsk menghalang-halangi penyelidik yang hendak menginvestigasi pencemaran yang diakibatkan perusahaan itu.

Pejabat Kementerian Lingkungan Rusia minggu lalu mengungkapkan, kebocoran polutan kimia dari pipa perusahaan kemungkinan menjadi penyebab perubahan warna sungai.

Namun, saat itu Norilsk Nickel membantah klaim tersebut. Perusahaan bahkan memperlihatkan foto-foto sungai dalam keadaan baik, ‘sebelum tercemar’.

Peristiwa serupa pernah terjadi pula di Indonesia 27 April dan 21 Juni lalu, ketika Sungai Kresek di Kediri mendadak jadi berwarna merah. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.