Thailand Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Corona Antarmanusia

Suasana di kota Wuhan China pasca merebaknya virus Corona.

Bangkok, Sumselupdate.com Otoritas Thailand mengumumkan kasus pertama penularan virus corona dari manusia ke manusia atau antarmanusia di dalam wilayahnya. Sejauh ini, total ada 19 kasus virus corona yang terkonfirmasi di Thailand, dengan tujuh pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (31/1/2020), Wakil Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, Tanarak Pipat, menyebut pasien pertama yang terinfeksi virus corona di dalam wilayah Thailand merupakan seorang warga Thailand yang berprofesi sebagai sopir taksi.

Bacaan Lainnya

“Dia tidak memiliki catatan bepergian ke China dan kemungkinan besar dia terinfeksi oleh seorang pelancong yang sakit dari China,” tutur Tanarak.

Dituturkan Tanarak bahwa otoritas Thailand telah memeriksa 13 orang lainnya, termasuk tiga orang di antaranya yang masih satu keluarga, yang pernah melakukan kontak langsung dengan si sopir taksi tersebut.

“Risiko keseluruhan untuk penularan di Thailand masih rendah, tapi orang-orang harus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi diri mereka sendiri,” ucap Tanarak.

Otoritas Thailand mengonfirmasi sudah 19 kasus virus corona yang ditangani pihaknya. Jumlah ini merupakan jumlah tertinggi kedua setelah China, yang kini mengonfirmasi total 9.692 kasus virus corona di wilayahnya.

Sejauh ini otoritas China mengonfirmasi 213 orang tewas akibat virus corona di wilayahnya. Virus ini juga telah menyebar ke sedikitnya 19 negara, dengan total nyaris 10 ribu orang di berbagai negara dilaporkan terinfeksi virus corona. Sejauh ini, belum ada laporan korban tewas dari luar wilayah China.

Dari 19 kasus yang terkonfirmasi di Thailand, sebanyak tujuh pasien di antaranya telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit.

Saat ini masih ada 12 pasien yang dirawat secara medis di rumah-rumah sakit setempat. Semua pasien, kecuali dua orang, merupakan turis asal China yang sedang berkunjung ke Thailand.

Diketahui bahwa kasus virus corona yang terkonfirmasi di Thailand sebelumnya merupakan turis China atau warga Thailand yang baru saja berkunjung ke China. Penularan antarmanusia untuk pertama kalinya diumumkan otoritas Thailand pada Jumat (31/1) waktu setempat.

Selain Thailand, sedikitnya sembilan kasus penularan antarmanusia terkonfirmasi di lima negara di luar China, yakni Amerika Serikat (AS), Jerman, Jepang, Korea Selatan dan Vietnam.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) tengah memantau secara saksama kasus penularan antarmanusia yang terjadi di luar Wuhan, China, tempat asal wabah virus corona. Penularan antarmanusia mengindikasi virus ini mungkin berpotensi menyebar lebih luas. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.