Tewaskan 11 Orang, Berikut Fakta-fakta Terkini Kecelakaan Maut Truk Pertamina di Cibubur

Truk Pertamina yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Raya Alternatif Transyogi Cibubur, Kota Bekasi, Senin (18/7/2022). (Suara.com/Danan Arya)

Bekasi, Sumselupdate.com – Kecelakaan mengerikan terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat. Sebuah truk Pertamina diduga mengalami rem blong hingga menabrak sejumlah pemotor dan mobil yang ada di lokasi.

Laporan terkini, sebanyak 11 orang tewas dalam kecelaan yang terjadi di Jalan Transyogi itu. Kecelakaan itu menyebabkan kendaraan yang terlibat juga mengalami kerusakan.

Read More

Kecelakaan terjadi pada Senin (18/7/2022) sore ini. Polisi sudah berada di lokasi untuk penanganan kecelakaan.

Berikut ini sejumlah fakta terkait kecelakaan maut tersebut, yang dilansir dari Detikcom:

1. Truk Pertamina Seruduk Pemotor

Truk Pertamina bernopol B-9598-BEH tersebut menabrak sejumlah pemotor yang ada di lokasi. Dalam video beredar, tampak sejumlah sepeda motor bergeletakan di lokasi kecelakaan tersebut.

2. Polisi Olah TKP

Polisi telah mendatangi lokasi kecelakaan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi juga mengevakuasi korban-korban dari lokasi kejadian.

“Iya iya benar. Sekarang lagi di TKP,” ujar Kanit Laka Lantas Polres Metro Bekasi Kota AKP Farida saat dimintai konfirmasi, Senin (18/7/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman meluncur ke lokasi kejadian.

3. 11 Orang Tewas

Laporan sementara, sebanyak 11 orang tewas akibat kecelakaan tersebut. Truk Pertamina tersebut menabrak sejumlah sepeda motor yang ada di lokasi.

“Ada 11 orang meninggal dunia. Tapi ini kita cek ulang kembali,” ujar Kombes Latif di lokasi.

4. Total 12 Kendaraan Terlibat Kecelakaan

Belasan kendaraan terlibat dalam kecelakaan maut tersebut. Kendaraan yang terlibat kecelakaan itu akan dievakuasi dari lokasi.

“Jadi di situ yang terlibat adalah roda empat 2 (unit), roda dua ada 10 (unit). Untuk sementara korban ada di Kramat Jati (RS Polri),” kata Kombes Latif.

5. Tubuh-tubuh Korban Bergelimpangan di Kolong Truk

Dalam video beredar, tampak sejumlah korban rebah di jalanan. Beberapa korban juga terlihat bergeletak di kolong truk.

Sejumlah sepeda motor juga tampak rusak dan tergeletak di jalan tersebut. Truk yang terlibat kecelakaan juga mengalami kerusakan pada bodi bagian depan.

Sekitar 5 unit sepeda motor juga terlihat berada di kolong truk tersebut.

6. Alat Berat-Ambulans Dikerahkan ke Lokasi

Alat berat dikerahkan untuk membantu evakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan. Pantauan di lokasi, satu alat berat diturunkan ke lokasi kecelakaan maut itu.

Alat berat itu dikerahkan untuk mengevakuasi truk dan sejumlah kendaraan yang terjebak di dalam kolong. Ada sekitar 5 motor yang masuk ke kolong truk Pertamina tersebut.

“Yang pasti lebih dari, mungkin kurang lebih, lebih dari 5 motor,” kata Kapolsek Jati Sampurna Iptu Santri Dirga kepada wartawan, Senin (18/7/2022).

Sejumlah ambulans juga dikerahkan untuk mengevakuasi para korban.

7. Pertamina Minta Maaf atas Kecelakaan Maut

Pihak Pertamina mengerahkan tim ke lokasi kecelakaan maut tersebut. Pertamina juga meminta maaf atas kecelakaan yang terjadi.

“Sehubungan dengan kecelakaan yang dialami mobil tangki dengan no polisi B-9598-BEH di Jl Transyogi Gunung Putri, Bogor, sekitar pukul 15.29 WIB sore tadi, PT Pertamina Patra Niaga menyampaikan permohonan maaf dan dukacita mendalam kepada korban dan keluarga korban,” kata Area Manager Comrel Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (18/7/2022).

8. Prajurit TNI Ikut Jadi Korban

Dalam kecelakaan tersebut, seorang anggota Marinir TNI AL tewas.

“Meninggal anggota tersebut,” kata Kadispenal Marsma Julius Widjojono saat dimintai konfirmasi, Senin (18/7/2022).

Korban bernama Pelda Mar Suparno berboncengan dengan istrinya saat terjadi kecelakaan tersebut. Saat ini keberadaan istri korban masih dicari.

9. Lokasi Kecelakaan: Turunan dengan Lampu Merah

Kecelakaan maut ini terjadi di turunan dengan lampu lalu lintas (traffic light) di ujung turunan. Kecelakaan terjadi di dekat diler Suzuki Dwi Perkasa Mobitama, Trans Yogi, Jl Alternatif Cibubur, Kranggan, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/7/2022).

Berdasarkan pantauan di Google Maps dengan menu Street View, permukaan jalan di sini berupa turunan di bawah jalan layang. Badan jalan ini lebar.

Di ujung turunan, ada traffic light yang berada di pertigaan. Bila ke kanan, maka jalan mengarah ke Cibubur CBD. Bila lurus terus, kendaraan akan melewati jembatan di atas Kali Sentul, terus ke arah Mekarsari.

10. Sopir Truk Diamankan

Sopir truk Pertamina diamankan polisi. Polisi akan memeriksa sopir truk terkait kecelakaan maut tersebut.

“Untuk sopir sementara kita amankan,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman di lokasi, Senin (18/7/2022).

11. Bekas Rem Tak Ditemukan di Lokasi

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman yang berada di lokasi menyebut tidak menemukan bekas rem. Dugaan awal, truk tersebut mengalami rem blong.

“Untuk kronologi tadi diinformasikan kendaraan ini mengalami, kalau kami cek di lapangan belum ada bekas rem,” kata Latif, Senin (18/7/2022).

Latif menyebut pihaknya akan memeriksa kendaraan truk Pertamina terjadinya kecelakaan tersebut. Dia juga akan memeriksa sopir truk Pertamina tersebut.

12. Kronologi Kecelakaan Truk Pertamina

Truk tangki Pertamina menyeruduk sejumlah mobil dan motor di Jl Alternatif Cibubur, CBD, Bekasi. Truk tersebut melaju dari arah Cibubur menuju Cileungsi.

“TKP di sini, jadi kendaraan Pertamina berjalan dari arah Cibubur menuju Cileungsi. Di mana memang kondisi jalan menurun dan lampu merah ada kendaraan yang sedang berhenti,” ujar Latif.

Truk Pertamina kemudian menabrak sejumlah kendaraan yang sedang berhenti di lampu merah tersebut. Lokasi kecelakaan terjadi di jalan menurun menuju lampu merah.(dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.