Terungkap Setiap Tahun Banyak WNI Pindah Menjadi Warga Negara Singapura

Sabtu, 8 Juli 2023
Ilustrasi Singapura - Cara masuk Singapura pakai QR Code (Freepik).

Jakarta, Sumselupdate.com – Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim menyebut banyak Warga Negara Indonesia (WNI) pindah menjadi warga negara Singapura.

Ia memperkirakan jumlahnya mencapai sekitar 1.000 orang per tahun.

Bacaan Lainnya

Kini Indonesia bersaing dengan negara lain untuk merebut orang-orang pintar. Ia pun mendorong gen Z tidak hanya menjadi penonton dan berani bersaing, dan tidak hanya menjadi penonton.

“Saya lupa kalau nggak 100, 1.000 orang mahasiswa Indonesia di Singapura menjadi warga negara Singapura setiap tahun. Bersaing kita rebut orang-orang hebat, pintar,” katanya dalam Festival Gen Z 2023 by CentennialZ seperti dilansir detikcom, Sabtu (8/7/2023).

Menurutnya tidak bisa jika Indonesia hanya mengandalkan sumber daya alam, sebab lambat laun pasti akan habis. Oleh karena itu, sisi sumber daya manusia lah yang harus ditingkatkan.

“Dalam hal menentukan nasib bersama, harus bersatu. Pemerintah kasih beasiswa LPDP, memperjuangkan, kasih informasi supaya Gen Z generasi yang unggul dan berdaya saing,” imbuhnya.

Namun saat ini, Gen Z dinilai menghadapi banyak persoalan. Misalnya biaya hidup yang tinggi, akses penunjang karir yang terbatas, dan permasalahan tentang kesenjangan atau kemiskinan.

“Tiga isu yang kita angkat berhubungan dekat dengan generasi Z saat ini, mulai dari biaya hidup yang tinggi banget, akses mendapatkan pekerjaan, membangun karir, akses pemodalan itu susah banget, dan kesenjangan ekonomi atau kemiskinan sekarang semakin terlihat,” ujar Chairman CentennialZ, Dinno Ardiansyah.

Dinno menyadari bahwa generasi Z sering diidentikkan dengan kegiatan hura-hura dan pesta.

Namun, ia memiliki keyakinan yang kuat bahwa potensi generasi muda Indonesia jauh lebih besar dari sekadar itu.

Melalui Festival Gen Z ini ditegaskan bertujuan untuk memperkuat identitas dan kontribusi positif generasi Z.

“Kami ingin mengajak generasi Z untuk melihat diri mereka sebagai agen perubahan yang berdaya, Ini jadi wadah untuk Gen Z berani untuk speakup, kritis, membangun narasi, karena itu kekuatan Gen Z. Tapi Gen Z ga cuma bisa kritik melainkan kita bisa menunjukkan aksi-aksi,” ujarnya.

Dikatakannya, bertepatan pada momentum ini, persiapan Pemilu 2024 sudah ramai diperbincangkan dan akan banyak pihak yang mempunyai kepentingan mengatasnamakan generasi Z, melalui Festival Gen Z 2023 ini CentennialZ ingin menyerukan bahwa suara generasi Z tidak bisa dibeli.

“Kita (generasi Z) nggak mau hanya jadi subjek politik pada momentum pesta demokrasi 2024, tapi kita ikut memperjuangkan isu-isu yang sudah kita eskalasikan secara komprehensif,” jelas
Dinno.

Festival Gen Z yang diinisiasi CentennialZ diarahkan untuk memberikan pemuda Indonesia kesempatan berkembang secara holistik.

Ini termasuk pengembangan keterampilan teknologi, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kreativitas.

Selain itu, CentennialZ juga mendorong generasi Z untuk terlibat dalam inisiatif sosial dan lingkungan yang berdampak positif.

Dalam beberapa tahun terakhir, CentennialZ telah meluncurkan berbagai kampanye dan program yang mendapatkan perhatian positif dari generasi muda.

Dinno percaya bahwa dengan mengubah persepsi dan memperkuat identitas positif generasi Z, mereka dapat menjadi kekuatan pendorong bagi kemajuan dan kemakmuran Indonesia di masa depan. (dtc)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.