Survei Terkini: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Gerindra Dan Golkar Membuntuti

Hasil survei elektabilitas partai politik

Jakarta, Sumselupdate.com – Lembaga Trust Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. Hasilnya PDIP masih berada di urutan tertinggi dengan perolehan angka 21,8 persen.

“Tingkat elektabilitas partai politik tertinggi diraih oleh PDIP 21,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal dalam paparannya, Senin (30/1/2022) seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Bacaan Lainnya

Di urutan kedua masih bertengger Gerindra dengan perolehan elektabilitas 17,3 persen. Lalu di posisi ketiga ada Golkar dengan perolehan angka 10,6 persen.

Urutan keempat ada PKS dengan angka 9,9 persen, disusul PKB dengan angka 8,1 persen. Lalu ada Demokrat dengan angka 7 persen.

Sementara itu partai yang masih ada di parlemen kekinian seperti Nasdem, PPP, dan PAN dibawah 4 persen. Nasdem hanya memperoleh angka 3,9 persen, PPP 2,9 persen dan PAN 1,9 persen.

Kemudian Perindo hanya 0,9 persen, PSI hanya 0,5 persen, PBB 0,3 persen, lalu PKP 0,2 persen, Hanura 0,1 persen, Partai Ummat 0,1 persen. Untuk Partai Garuda dan Berkarya tak mendapat suara alias 0 persen.

“Masih ada 13,3 persen yang belum menentukan pilihan (Undecided Voters),” tuturnya.

Adapun untuk diketahui, Trust Indonesia Research and Consulting melakukan survei ini pada tanggal 3-12 Januari 2022 secara tatap muka langsung. 1.200 responden diikutsertakan dalam survei.

Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan menetapkan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.