Sungai Nau Meluap, Aktivitas Warga Trans Palembaja Lahat Sempat Lumpuh

Sungai Nau yang meluap menyebabkan jalan poros utama warga di Transmigrasi SP1 Palembaja, Desa Cempaka Sakti, Kecamatan Kikim Timur, tergenang air.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Jalan poros utama di Transmigrasi SP1 Palembaja, Desa Cempaka Sakti, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan tergenang banjir menyusul Sungai Nau meluap.

Read More

Kades Cempaka Sakti, Muslih Abdullah mengatakan luapan air Sungai Nau mencapai ketinggian bahu orang dewasa, namun setelah beberapa saat hujan berhenti, air sudah mulai surut sehingga bisa dilewati kendaraan.

“Kalau hujan kemarin, jalan tidak bisa dilewati, karena air sangat tinggi, namun hari ini air sudah mulai surut, hingga setinggi 30 sentimeter, dan motor bisa melintas,” kata dia, Kamis (14/10/2021).

Muslih menuturkan, meluapkan air Sungai Nau melumpuhkan aktivitas warga di SP1 Palembaja, anak anak terhambat pergi ke sekolah dan aktivitas pertanian menjadi terhambat.

“Warga tidak bisa pergi ke kebun, tidak bisa ke pasar, karena memang tidak bisa dilalui, baru hari ini jalan bisa dilalui, itu pun harus tetap hati hati dan menunggu agak siang, sekitar pukul 10:00 WIB, baru bisa dilalui,” ungkapnya.

Warga di SP1 Palembaja, pengguna jalan itu berharap, Pemkab Lahat dapat memberikan bantuan berupa plat deuker untuk meninggikan jalan.

“Jalan ini sudah langganan banjir, kalau hujan semalaman seperti kemarin, besar kemungkinan Sungai Nau meluap, kondisi ini sudah terjadi bertahun-tahun. Kami berharap, Pemkab Lahat dapat memberikan bantuan dengan meninggikan jalan, agar banjir tidak menggenangi jalan lagi,” ucapnya.

Senada dikatakan Asep, seorang pengendara motor yang mengaku kesulitan melakukan aktivitas apabila hujan turun dengan deras.

“Terkadang aktivitas harus cepat karena jalan utama ini sering banjir. Kalau sudang tergenang air jalannya iya harus ditunda keesokan harinya, kalau hujan tak kunjung berhenti, iya ditunda lagi,” cetusnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.