Sempat Buron, Pelaku Pencurian Motor di Lahat Berhasil Dibekuk

Pelaku saat diamankan Polisi

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Irwan Saputra (21) pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang beraksi di Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat berhasil ditangkap, setelah buron selama empat bulan.

Read More

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, SIk melalui Kapolsek Kikim Barat Iptu Edy Syam Putra mengatakan, penangkapan tersebut setelah korban melaporkan kasus curaanmor menimpa dirinya.

Usai mendapatkan laporan, aparat langsung melakukan pengejaran. Berkat laporan dari warga, keberadaan pelaku  terendus dan akhirnya berhasil ditangkap.

Peristiwa curanmor ini sendiri terjadi pada 9 Juli 2021. Di mana sepeda motor Honda Beat warna hitam nopol BG 3184 ADF milik Lina Budiarti (42) berhasil dicuri Irwan.

Saat itu korban Lina hendak menurunkan barang-barangnya ke warung miliknya, dan memarkirkan kendaraannya di depan dalam kondisi mesin off.

Akan tetapi sayangnya, kunci masih menempel di dalam kontak, sehingga memudahkan pelaku melancarkan aksinya.

“Kesempatan itu dimanfaatkan oleh pelaku Irwan, dengan secara diam-diam mengambil dan membawa kaabur sepeda motor milik korban. Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian dan melaporkan peristiwa  tersebut ke Polsek Kikim Barat,” kata dia, Selasa (26/10/2021).

Setelah lama diselidiki keberadaan pelaku terendus dan penangkapan terhadap pelaku curanmor dipimpin Kanit Reskrim Polsek Kikim Barat.

Tersangka berhasil  ditangkap saat berada di kediamannya di Desa Beringin Jaya Kecamatan Kikim Barat.

“Pelaku mengakui perbuatannya atas dorongan tidak punya uang atau kepepet. Motor yang dicuri dijual ke penadah di Kabupaten OKU Selatan,” terangnya.

Dari catatan kepolisian, pelaku sudah pernah melakukan tindak pidana perkara Pencurian dengan Pemberatan (Curat) buah sawit. Namun ternyata tidak membuat kapok pelaku dan melakukan tindak kejahatan lagi.

“Pelaku dijerat pasal 362 KUHPidana pencurian, dengan hukuman penjara, selama lamanya 5 tahun,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.