Satu Desa Persiapan di Kabupaten PALI Dapat Bantuan Rp100 Juta

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PALI A Gani Akhmad.

PALI, Sumselupdate.com-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) A Gani Akhmad menyebutkan, 26 desa persiapan yang ada di Bumi Serepat Serasan menerima bantuan gubernur (BanGub) Sumatera Selatan sebesar Rp100 juta untuk masing-masing desa.

Menurut A Gani, BanGub tersebut sudah ditransfer ke rekening masing-masing desa persiapan penerima.

“Dengan adanya BanGub itu bisa menambah semangat desa-desa persiapan untuk menata desanya. Pembagian BanGub itu secara simbolis diserahkan langsung Gubernur Sumatera Selatan diterima Plt Bupati PALI belum lama ini,” ungkap A Gani, Rabu (21/10/2020).

Adapun peruntukan BanGub tersebut dijelaskan A Gani, ada 6 poin yang harus dilaksanakan Kepala Desa (Kades) Persiapan.

“Yang pertama untuk operasional PKK dan seragam PKK sebesar Rp25 juta, kedua untuk kegiatan kepemudaan dan olahraga serta pengadaan seragam sebesar Rp15 juta. Lalu yang ketiga untuk operasional dan kegiatan posyandu sebesar Rp10 juta. Keempat operasional kepala desa dan perangkatnya sebesar Rp25 juta. Kelima pengadaan sarana dan prasarana kantor desa sebesar Rp20 juta, keenam untuk alat tulis kantor dan pelaporan sebesar Rp5 juta,” jabar A Gani.

Agar tepat sasaran, A Gani meminta desa induk untuk ikut memantau penyaluran dana BanGub tersebut.

“Kades Persiapan bersama tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kader posyandu penerima bantuan serta pihak terkait lainnya agar melakukan musyawarah untuk menjabarkan penggunaan bantuan keuangan dari gubernur. Desa induk juga kami minta ikut memantaunya meski pun kewenangan penuhnya penggunaannya ada pada desa persiapan,” tandasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.