Ribet dengan Uang Kembalian di Pasar Swalayan? OJK Siapkan Solusinya

Senin, 15 Februari 2016
Ilustrasi Recehan (Foto: Kompas)

Jakarta, Sumselupdate.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya mengembangkan akses dan literasi masyarakat terhadap layanan dan produk jasa keuangan. Salah satu produk yang akan diuji coba oleh regulator adalahproduk asuransi dengan menggunakan uang kembalian ketika berbelanja di pasar swalayan.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Agus Sugiarto menjelaskan, ihwal produk ini, pihaknya akan melakukan proyek percobaan di Jakarta.  Adapun, perusahaan asuransi yang digandeng, kata Agus, adalah Equity Life dengan pasar swalayan Hypermart.

Agus menjelaskan, ketika berbelanja di pasar swalayan, terkadang konsumen diberikan uang receh sebagai uang kembalian. Agar masyarakat dapat memanfaatkan uang kembalian tersebut,  uang itu dapat digunakan sebagai premi asuransi semi mikro. “Uang (kembalian) belanja di supermarket itu dikonversi menjadi premi asuransi jiwa, uang kembalian Rp 100 dapat menjadi premi Rp 1.000. Kalau sudah Rp 100.000 dapat pertanggungan Rp 1 juta,” kata Agus di Cirebon, Sabtu (13/2/2016).

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan, nantinya akan ada semacam loket bagi konsumen untuk menandatangani premi pertanggungan asuransi yang tersedia di pasar swalayan penyedia produk asuransi tersebut. Direncanakan, uji coba produk asuransi tersebut dimulai pada  April 2016 mendatang. “Ini sekaligus untuk mengajarkan masyarakat tentang hal positif. Membeli produk asuransi tidak perlu ke kantor atau ke bank dan prosesnya tidak berbelit-belit,” terangnya. (adm3)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.