Revitalisasi Bahasa Komering Akan Hantarkan Bupati OKU Timur Raih Penghargaan Mendikbud

Penulis: - Kamis, 25 April 2024
Kadisdikbud OKU Timur, Wakimin, SPd, MM.

Martapura, Sumselupdate.com – Komitmen Pemkab OKU Timur dalam pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah khususnya bahasa Komering membuahkan penghargaan dari Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia.

Penghargaan kabupaten dengan revitalisasi bahasa daerah terbaik ini akan dìserahkan saat Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2024 mendatang.

Informasi penerimanaan penghargaan ini dibenarkan langsung Kadisdikbud OKU Timur, Wakimin, SPd, MM melalui Sekdin Ir H Dodi Purnama, ST, MM.

“Undangan kehadiran untuk penerimaan penghargaan ini sudah kita terima dan akan segera kita naikkan ke Pak Bupati,” terangnya, Kamis (25/4/2024).

Penghargaan dan apresiasi ini didapat berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi bahasa daerah (Komering).

Dari pelaksaan revitasisasi, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten dan provinsi, hingga pengimbasan kepada guru-guru.

Selain itu, Pemkab OKU Timur melalui Disdikbud OKU Timur telah memasukan bahasa daerah Komering menjadi pelajaran Muatan Lokal (Mulok) dì sekolah-sekolah.

“Ahamdulilah Pak Bupati akan menerima penghargaan ini bersama 19 kepala daerah lainnya di Indonesia, dan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sumsel,” imbuhnya.

Pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah ini bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan Pemkab OKU Timur khususnya Bupati Lanosin.

“Pak Bupati menginginkan agar bahasa daerah khususnya Komering menjadi identitas OKU Timur. Meskipun secara umum, OKU Timur memiliki beragam suku dan budaya,” katanya.

Sebagai informasi, selain penghargaan dari kementrian 6 orang siswa SD dan SMP perwakilan dari OKU Timur akan dìlepas mengikuti FTBI Nasional pada Jumat 26 April 2024 sekaligus menghadiri kegiatan upacara hari pendidikan nasional yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.