Ratusan Warga Ikuti Rapid Test Gratis yang Digelar Klinik LKC DD Sumsel

Tim medis dari LKC DD Sumsel saat melakukan rapid test.

Palembang, Sumselupdate.com – Guna membantu menekan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Sumsel bersama Tokopedia, menggelar Rapid Test gratis, untuk 200 warga Palembang.

Rapid Test yang digelar selama tiga hari 21-23 Juli, bergiliran dilakukan di Kantor Dompet Dhuafa Sumsel dan Klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma di 7 Ulu Palembang.

Bacaan Lainnya

Di halaman Kantor Dompet Dhuafa Sumsel, Klinik LKC menerjunkan dua dokter lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan beberapa tenaga kesehatan, Rabu (22/7/2020).

Sejak pukul 09.00-16.00, satu persatu warga yang datang dicek suhu tubuh, diberikan edukasi, menjalani Rapid Test dan diberikan vitamin.

“Rapid Test yang digelar Klinik LKC DD Sumsel bersama Tokopedia ini, diikuti 200 orang. Sasaran kita, adalah mereka yang kita anggap rentan karena tidak bisa menghindari kontak dengan orang banyak,” ungkap Manajer Klinik LKC Dompet Dhuafa Sumsel, drg Miko.

Mulai dari tenaga kesehatan yang selama ini terus melayani pasien, masyarakat umum, seperti pemulasaran jenazah, pengubur jenazah, driver ambulance, sopir kendaraan umum, relawan aksi kemanusian yang selama ini aktif menyalurkan bantuan

sembako dan masyarakat umum lainnya.
“Hasil Rapid Test langsung keluar, 15 menit dari pemeriksaan. Bagi warga yang mungkin butuh surat keterangan untuk keperluan bepergian, akan kami berikan,” jelasnya.

Sementara untuk mereka yang hasilnya Rapid Test Reaktif, maka Klinik LKC akan menerbitkan surat rujukan ke Puskesmas di mana warga tersebut tinggal dan menganjurkan untuk melakukan isolasi mandiri.

“Kita harapkan, dengan Rapid Test gratis ini. Bisa membantu mereka yang tidak bisa menghindari kontak dengan orang banyak, untuk mengetahui kondisi tubuhnya dan membantu menekan penyebaran virus corona,” jelasnya.

Usai pemeriksaan, salah seorang warga yang mengikuti tes Vivi Syuhada, terlihat sangat senang. Itu karena ia mengetahui, jika hasil Rapid Test-nya Non Reaktif. Vivi tahu betul, jika selama pandemi corona, ia masih aktif kontak dengan orang banyak.

“Sebagai Ojek Akhwat Salimah atau Ojesa, kontak dengan orang banyak sulit terhindari. Saya pun aktif sebagai relawan Cegah Tangkal Corona, menyalurkan bantuan buat terdampak Covid-19,” katanya.

Diakui wanita berhijab ini, meski protokol pencegahan corona seperti memakai masker dan cuci tangan, disiplin ia lakukan.

Namun, rasa was-was, tetap ada. Itu karena, memang selama ini ia tidak pernah melakukan pemeriksaan sama sekali.

“Terimakasih kepada Klinik LKC DD Sumsel dan Tokopedia, atas Rapid Test Gratisnya,” ucapnya.

Senada disampaikan Taufik. Ia pun mengaku cukup terbantu dengan Rapid Test yang di gelar Klinik LKC DD Sumsel bersama Tokopedia. Selama ini, ia pun terbilang aktif dan beberapa kali bepergian keluar kota.

“Hasilnya langsung bisa diketahui, kami ucapkan terimakasih,” ujar pria yang juga adalah Wakil Komandan Pusat Teruci. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.