PT Pusri Diminta Manfaatkan Kawasan TAA

Rabu, 24 Februari 2016
Gubernur Sumsel Alex Noerdin

Palembang, Sumselupdate.com – Masih luasnya lahan di kawasan Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin, membuat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, meminta kepada PT Pusri, untuk mengambil bagian, agar memanfaatkan lahan yang ada termasuk juga dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Api-Api.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumsel, usai rapat dengan Dirut PT Pusri Mulyono Prawiro di sela acara silatuhrami sekaligus memperkenalkan Dirut PT Pusri baru, di Pemprov, kemarin (24/2/2016).

Menurutnya, PT Pusri salah satu perusahaan bidang pupuk nasional yang mampu bersaing dengan pabrik pupuk besar lainnya di Indonesia. Di antaranya, pupuk Aceh dan pupuk Kaltim dan masih banyak yang lain lagi.

Bahkan, PT Pusri, berniat bersaing di skup Internasional terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Ini dibuktikan dengan sudah ditambahnya luas areal pabrik yang nantinya berdampak pada peningkatan kapasitas produksi.

“Maka dari itu Pemprov Sumsel siap membantu, jika memang PT Pusri menginginkan lahan 38 hektare di kawasan KEK TAA Banyuasin,” urainya.

Meskipun demikian, PT Pusri juga harus memperhatikan lagi sistem pengelolaan limbah, karena bisa berdampak bagi masyarakat sekitar, akibat dari pencemaran udara.

Ditambah, pada 2018 mendatang, Pemprov Sumsel tuan rumah Asean Games. Alex berharap PT Pusri bisa berkontribusi dalam perhelatan pesta olahraga bertaraf dunia tersebut.

Sementara Direktur Utama (Dirut) PT Pusri Mulyono Prawiro menjelaskan, masih ada beberapa kendala yang harus segera diselesaikan oleh pihaknya. Di antaranya, masih sulit mendapatkan bahan baku dan juga kesulitan untuk memasukan bahan baku ke pabrik, akibat pendangkalan sungai.

Hal tersebut ditanggapi oleh Alex, “Kawasan TAA sangat tepat untuk dijadikan tempat, karena untuk kapal masuk perlu kedalaman hingga 14 meter. Sementara, kawasan TAA saat ini kedalamannya mencapai 25 meter”, jelasnya.

Selanjutnya, terkait akan dilangsungkannya Asean Games pada 2018 mendatang. Kedepan, PT Pusri akan berkontribusi, karena saat ini sudah dalam pembahasan. Salah satunya, soal pasokan gas, saat ini tidak ada masalah lagi dalam upaya produksi. (zul)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.