Presiden Jokowi: Moratorium Izin Lahan Sawit dan Tambang

Kamis, 14 April 2016

Jakarta, sumselupdate.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberlakukan moratorium pemberian izin baru lahan kelapa sawit dan tambang. Rencana penerapan moratorium ini sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan.

‎”Siapkan moratorium kelapa sawit, siapkan  moratorium wilayah-wilayah pertambangan,” kata Jokowi saat menghadiri acara Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar, dalam rangka Hari Hutan Internasional, di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, Kamis (14/4).

Jokowi mengatakan, lahan kelapa sawit yang ada saat ini sudah cukup dan dapat ditingkatkan lagi kapasitas produksinya dengan memaksimalkan potensi yang ada.

“Lahan yang sekarang sudah ada asal bibitnya itu betul, bibitnya benar, sudah mungkin produksi bisa lebih dari dua kali, ini kalau bisa dikerjakan itu bisa naik,” ujarnya.

Begitu juga dengan lahan tambang. Jokowi menyebutkan, pemerintah  tidak akan memberikan izin kepada perusahaan tambang untuk membuka lahan untuk perluasan wilayahnya.

“Jangan sampai terjadi lagi konsesi pertambangan menabrak hutan konservasi, sudah tidak ada seperti itu, tidak ada. Tata ruangnya untuk tambang sudah, kalau tidak ya tidak usah,” tegasnya.

Ditambahkan Jokowi, Indonesia harus terus meningkatkan upaya kelestarian lingkungan. Terlebih, Indonesia di mata dunia dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dan sebagai paru-paru dunia. Oleh karena itu, Presiden mengingatkan betapa pentingnya untuk menjaga kelestarian alam. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.