Polsek Pagaralam Utara Ringkus Pelaku Pembobol ATM, Tersangka Ternyata Oknum ASN

Tersangka pembobol ATM di Pagaralam, Hadi Hakim

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Jajaran anggota Polsek Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan berhasil meringkus Hadi Hakim (38), tersangka pembobol ATM milik warga Pagaralam, Jumat (14/8/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam melancarkan aksinya, tersangka yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ini berpura-pura membantu korban di ATM lalu menguras isi rekeningnya.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara melalui Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut.

Diungkapkan Herry, tersangka merupakan warga Jalan Sukabangun I, Lorong Tanjung, No 1362, RT 024, RW 004, Kelurahan Suka Bangun, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang yang berprofesi sebagai ASN.

Tersangka diringkus karena telah menguras rekening milik korban Apriza Anggeraini (28), warga jalan Kopral Nanang, Kelurahan Bangun Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam pada Sabtu, 8 Agustus 2020 lalu.

Saat itu korban pergi ke ATM BRI Dempo Permai sendirian untuk mengisi saldo belanja online. ketika memasukkan kartu ATM tiba-tiba kartu yang dimasukkan tidak bisa keluar.

Lalu tersangka masuk seolah-olah memandu supaya bisa menggunakan mesin ATM tersebut dan menyuruh memasukkan nomor PIN, jadi korban mengikuti kemauan tersangka yang tidak dikenalnya itu.

Barang bukti yang diamankan Polsek Pagaralam Utara.

 

Korban kemudian melapor kepada Petugas Satpam dan dikatakan bahwa sepertinya mesin tersebut ada yang mengganjal seperti kejadian yang sama sebelumnya. Tersangka lalu keluar dari ATM dan pergi.

“Ternyata pada hari Senin, saat korban ke Bank BRI untuk melakukan pemblokiran saldo di dalam rekening BRI miliknya. Namun ternyata hanya tersisa Rp100.000.  Padahal sebelumnya saldo di rekeningnya berjumlah Rp2.800.000. Atas dasar inilah korban melapor ke Polsek Pagaralam Utara,” ujar Herry.

Kemudian pada hari Jumat (14/8/2020) kemarin, sekitar pukul 17.55 WIB, anggota Reskrim menerima telpon dari salah satu pegawai Bank BRI bahwa ada orang laki-laki yang ciri-cirinya sama dengan di CCTV saat melakukan pembobolan ATM.

Tak mau membuang waktu lama, dipimpin langsung Kapolsek, Unit Reskrim Polsek Pagaralam Utara langsung menuju ke Bank BRI Unit Dempo Permai dan langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka.

“Saat diinterogasi tersangka mengakui perbuatannya. Tersangka saat ini berada di Mapolsek Pagaralam Utara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti beberapa kartu ATM yang sudah dimodifikasi tersangka dengan diikat tali dan diganjal kayu.

Barang bukti lain sebuah mata gergaji besi dengan ukuran kurang lebih 17CM dan dibalut Handyplast untu pegangan, dua lembar Stiker Cal Center Bank Sumsel Babel palsu yang nomornya telah diganti. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.