Pilkades Serentak, Pemkab Empatlawang Anggarkan Rp 4,5 Miliar

Ilustrasi Pilkades Serentak.

Laporan: Alfarisi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Empat Lawang akan melakanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Kepala DPMD Empat Lawang, Asnan Ghozali melalui Kabid Pemerintahan Desa, Agusman Mulyadi mengatakan untuk Pilkades 2022 nanti pihaknya akan menyiapkan dana sekitar Rp 4,5 miliar untuk proses Pilkades.

“Tahun ini pelaksanaan Pilkades di Empat Lawang akan dimulai, di mana akan digelar pada 28 Juni 2022 mendatang. Dan untuk anggarannya ada Rp 4,5 Miliar bersumber dari APBD. Di mana anggaran ini tentunya di luar dari dan protokol kesehatan yang bersumber dari APBDes,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Bantuan keuangan untuk pelaksanaan Pilkades ini, lanjutnya akan dibagi beberapa sistem. “Anggaran pelaksanaan Pilkades ini akan di bagi beberapa sistem. Apalagi tahun 2022 ada sebanyak 104 desa di Kabupaten Empat Lawang yang akan mengikuti Pilkades secara serentak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Empat Lawang, Asnan Ghozali, menambahkan, Pilkades kali ini semuanya akan menggunakan dana APBD Kabupaten Empat Lawang.

“Kami sampaikan kepada desa-desa semua sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) No. 65  Tahun 2017 perubahan atas Permendagri No 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, bahwa anggaran untuk Pilkades ditanggung sepenuhnya oleh APBD,” katanya.

Pilkades sendiri, imbuh Asnan, jika sesuai dengan rencana akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022. “Rangkaian Pilkades ini dimulai dari persiapan, pelaksanaan dan selanjutnya. Mudah-mudahan jika sesuai dengan rencana maka kami akan melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak pada bulan Juni 2022,” pungkasnya.

Pada Pilkades 2022 nanti akan dilaksanakan tepatnya di 104 desa yang tersebar di 10 kecamatan se-Kabupaten Empat Lawang. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.