Persiapan  Natal Gereja Santo Mikail

Suasana persiapan jelang Natal di Gereja Santo Mikail

Lahat, sumselupdate.com – Persiapan perayaan Natal di beberapa gereja yang ada di Kabupaten Lahat dan Pagaralam mulai terasa. Setiap sudut gereja sudah dipasang hiasan khas Natal tidak lupa diorama kelahiran Yesus menjadi pusat perhatian anak-anak yang biasanya sudah menunggu detik-detik bersama orang tua menuju gereja, ikut dalam Misa Natal.

Menurut Bruder Daryono yang ditemui di Gereja Santo Mikail, bertempat di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Lahat. Persiapan dilakukan oleh para pemuda dan masyarakat dengan gotong-royong mempersiapkan Natal. “Misa dua kali pada malam Natal dan Pagi hari, hingga kini kita bersama masyarakat dan pemuda sudah melakukan persiapan dan latihan juga,” kata Bruder Daryono, Minggu (23/12/2018).

Bacaan Lainnya

Dari informasi Romo Sigit Pranoto yang ditemui beberapa waktu lalu, bangunan gereja tersebut merupakan tertua di Sumatera bagian selatan. Pembangunan gereja sudah mulai dikerjakan tahun 1887 dan sempat rubuh karena gempa bumi melanda Bengkulu dan sekitarnya termasuk Tanjung Sakti, akhirnya dibangun kembali dan selesai pada 1905.

“Selain menjadi cikal bakal Keuskupan Agung Palembang, istimewanya di sini juga dibangun satu lagi Gereja Santa Maria di Desa Pagar Jati, Tanjung Sakti Pumi pada 1932,” jelas Romo Sigit Pranoto saat itu.

Wajar jika kemudian, wilayah ini menjadi wisata rohani, sebut Bruder Daryono. “Saat natal biasanya jadi kumpul keluarga, tapi saat libur lainnya banyak yang ke Gereja Santo Mikael dan ke Gereja Santa Maria, Pagar Jati,” jelas Bruder Daryono.

Keberagaman yang ada di Tanjung Sakti membuat mereka saling mengunjungi saat Natal dan membantu mempersiapkan Natal, dan menjadi kegembiraan tersendiri. Hal ini terlihat saat bertemu Ani (25) ia mengungkapkan bahwa saat Natal kita juga meramaikan yang Kristiani.

“Saat Idul Fitri ya tukaran, mereka berkunjung ke tempat aku sama-sama merayakannya bersilaturahmi,” katanya. (Sofi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.